Microsoft Akuisisi Xamarin, Umumkan SQL Server for Linux

Dalam waktu relatif berdekatan, Microsoft melakukan dua  pengumuman strategis, yaitu akuisisi atas Xamarin (penyedia solusi pengembangan aplikasi mobile lintas platform) dan pengembangan aplikasi basis data SQL Server untuk platform Linux.  Ya, Microsoft benar-benar ♥ Linux (insert sarcasm here). Setelah membuka kode sumber .NET core, merilis Visual Studio Code for Linux, dan menyediakan dukungan resmi untuk Red Hat (dan Ubuntu) di Azure, Microsoft menunjukkan perilaku yang berbeda di bawah pimpinan CEO barunya, Satya Nadella.

(sumber: blogs.microsoft.com)

Akuisisi Xamarin sebenarnya sudah lama diperkirakan, seperti halnya akuisisi Visio di tahun 2000. Keduanya adalah produk yang terlihat dan terasa seperti produk Microsoft, bekerja dan terintegrasi dengan baik dalam lingkungan (stack) Microsoft. Pengembang aplikasi mobile mengenal Xamarin sebagai tool untuk mengembangkan aplikasi mobile lintas platform berbasis C#. Selain itu, raksasa IT seperti IBM dan Oracle juga mulai bergerak ke arah pengembangan aplikasi mobile lintas platform dengan IBM MobileFirst dan Oracle Mobile Application Framework. Akuisisi Xamarin tampaknya dimaksudkan untuk melanjutkan integrasi dengan Microsoft Visual Studio untuk menghasilkan aplikasi mobile lintas platform (iOS, Android, Windows).

(sumber: blog.xamarin.com)

Sementara SQL Server adalah produk database kelas enterprise dari Microsoft yang dikembangkan sejak tahun 1993 dari hasil melisensi kode SyBase. Kita juga mengenal produk database Microsoft Access di kelas personal. Selama ini SQL Server harus bersaing dengan Oracle Database dan IBM DB2 di kelasnya. Kedua produk kompetitornya itu sudah lama mempunyai versi yang berjalan di atas platform selain Microsoft Windows, seperti Linux. Akhirnya, sesuai dengan strategi ke depan Microsoft yang mulai membuka diri dengan kehadiran platform lain, satu demi satu stack development Microsoft mulai dibuka (open source) atau dimigrasi ke platform lain, seperti SQL Server.

4 pemikiran pada “Microsoft Akuisisi Xamarin, Umumkan SQL Server for Linux

  1. Ping balik: Ubuntu for Windows 10 | ad-12 Labs

  2. Ping balik: Azure Sphere, Solusi IoT Microsoft Berbasis Linux | ad-12 Labs

  3. Ping balik: Microsoft Edge Terbaru Akan Tersedia untuk Linux(?) | ad-12 Labs

  4. Ping balik: Masa Depan Windows = Linux? | ad-12 Labs

Tinggalkan komentar