WhatsApp Akan Mengakhiri Dukungan untuk BlackBerry(OS) dan Symbian

Kabar kurang menggembirakan bagi pengguna handphone berbasis BlackberryOS (6,7,10), Nokia Symbian (S40, S60), Windows Phone 7.1, dan Android 2.1/2.2. Pengembang aplikasi messaging populer WhatsApp mengumumkan akan mengakhiri dukungan bagi platform tersebut terhitung akhir tahun 2016. Pengguna handphone berbasis platform tersebut disarankan untuk beralih ke platform lain: iOS, Android (versi 2.3 ke atas), Windows Phone (versi 8 ke atas). (sumber: androidcommunity.com)

WhatsApp selama ini populer karena dukungan lintas platformnya sangat luas, selain kemudahan penggunaannya (menggunakan nomor telepon sebagai ID dan terintegrasi dengan daftar kontak telepon). Keputusan ini tentu akan mengurangi daya tarik WhatsApp dibandingkan para pesaingnya seperti LINE, BBM, atau WeChat. Pengembang WhatsApp nampaknya malas meneruskan dukungan pada platform yang hanya menyumbang kurang dari satu persen dari semiliar penggunanya di seluruh dunia (per 26 Februari 2016). Patut disayangkan memang, apalagi Penulis kebetulan menggunakan platform-platform yang akan “diceraikan” itu.

(UPDATE)
Ternyata, aplikasi Facebook untuk BlackBerry juga akan dihentikan per 31 Maret 2016. Pembaruan terakhir (versi 4.4) akan menghapus versi lama dan menggantikannya dengan tautan ke versi mobile web dari Facebook. Seperti diketahui, Facebook adalah pemilik WhatsApp.  Sementara ini, belum ada kabar tentang nasib aplikasi Facebook untuk Nokia.

2 pemikiran pada “WhatsApp Akan Mengakhiri Dukungan untuk BlackBerry(OS) dan Symbian

  1. Ping balik: WhatsApp for BlackBerry dan Simbian Diperpanjang Hingga Juni 2017 | ad-12 Labs

  2. Ping balik: WhatsApp for BlackBerry dan Symbian Diperpanjang Hingga Juni 2017 | ad-12 Labs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s