Plasa.com Berubah Menjadi Blanja.com, Ke Mana PlasaMail?

Belakangan ini, Penulis mendapat banyak komentar yang menanyakan tentang PlasaMail. Seperti diketahui, PlasaMail merupakan layanan webmail yang diberikan oleh Plasa.com, yang merupakan layanan dari PT Telkom Indonesia. Menurut Internet Wayback Machine, PlasaCom dimulai (sekitar) tahun 1999, lengkap dengan layanan webmail/freemail. Tahun 2000 PlasaCom menawarkan layanan (semacam) media sosial bernama Komunitas Sekolah Indonesia (KSI), juga tampilan webmail baru. Bisa dikatakan bahwa PlasaMail adalah layanan webmail gratis Indonesia terpopuler, selain layanan popmail gratis TelkomNet (dihentikan 15 Januari 2014), juga dari PT Telkom Indonesia.

Tampilan Plasa.com tahun 2009 (Sumber: deddyprihadi.wordpress.com)

Pada awalnya, PlasaMail banyak dikritik karena spamming yang merajalela. Namun demikian, layanan webmail dan KSI semakin populer dan tampilannya juga terus diperbarui. Kapasitas webmail pun ditingkatkan dari 6 MB ke 10 MB. Tahun 2002, tampilan PlasaCom, PlasaMail, dan KSI diperbarui. Tampilan ini bertahan sampai tahun 2006. Antara tahun 2008 dan 2009, situs PlasaCom kembali berubah, bahkan laman wiki ini masih menunjukkan cara penggunaan PlasaMail era 2009. Tahun 2010 PlasaCom akhirnya berubah menjadi portal belanja, dan PlasaMail dihentikan (juga layanan portal seperti KSI), para penggunanya dialihkan ke Microsoft Live Domains, sebagai custom domain dari Hotmail/Outlook.com.

Tampilan PlasaMail tahun 2010 (Sumber: dailysocial.net)

Akhir tahun 2014 (sekitar bulan September) pengguna PlasaMail dikejutkan dengan dihentikannya (sekali lagi) layanan PlasaMail, seiring perubahan PlasaCom menjadi Blanja.com, kerja sama Telkom dengan eBay. Pengalaman Penulis saat penghentian ini adalah saat login ke Outlook.com menggunakan login @plasa.com (PlasaMail), Penulis diminta membuat alias (nama user) baru pada domain outlook.com atau outlook.co.id yang nantinya akan menggantikan akun PlasaMail (@plasa.com) yang lama. Setelah berhasil membuat alias/akun outlook.com/outlook,co.id yang baru, inbox PlasaMail yang lama masih terbaca, namun alamat @plasa,com sudah tidak bisa digunakan lagi.

11 pemikiran pada “Plasa.com Berubah Menjadi Blanja.com, Ke Mana PlasaMail?

  1. gan tolong bantu ane dunk … kurang paham nie ane g bisa masuk facebook cos emailnya plasa.com mau di reset password FB nya

    • Sepertinya e-mail plasa.com udah nggak bisa ditolong lagi, kalau password facebooknya masih inget, login ke facebook, terus daftarin e-mail selain plasa.com di pengaturan, lalu e-mail utamanya diganti ke e-mail selain plasa.com itu. Jadi, seterusnya login pake e-mail selain plasa.com. Moga bisa membantu.

  2. Hallo Pak,
    saya juga punya masalah, blog wordpress saya pakai email plasa.com, dan tidak bisa dikendalikan lagi, bagaimana ya? saya ingin blog tsb di hapus saja karena sudah punya yang baru.

    terimakasih atas bantuannya. Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s