Microsoft Mengumumkan Windows 10, MSN Apps Menggantikan Bing Apps

Setelah dirumorkan bahwa sistem operasi penerus Windows 8/8.1 akan dinamakan Windows 9, Microsoft akhirnya mengumumkan nama resminya, yaitu Windows 10. Versi terbaru Windows ini kabarnya akan dibangun dari awal, dengan visi untuk menyatukan basis kodenya untuk semua platform, mulai dari smartphone, tablet, desktop PC, hingga server. Itu berarti aplikasi yang dikembangkan untuk Windows akan dapat dijalankan di platform manapun. Windows 10 diluncurkan dengan tagline: One product family, One platform, One store.

Tagline Windows 10 (Source: blogs.windows.com)

Fitur Windows 10, seperti telah diperkirakan sebelumnya,  antara lain: Start Menu, Multiple Desktop, Task View, Windowed Modern (Metro) Apps, Snap Enhancements, dan fasilitas Search yang lebih cepat. Selain itu, Microsoft juga membuka program Windows Insider untuk para pengguna yang ingin ikut serta dalam uji coba sistem operasi Windows 10 ini.

Tampilan Start Menu di Windows 10 (Source: blogs.windows.com)

Perubahan lainnya terjadi pada rebranding layanan web (apps) Microsoft, terutama di platform Windows Phone (dan Windows 8) yang selama ini menggunakan awalan “Bing” sekarang menjadi “msn”, dimulai dari Bing Money yang menjadi msn money. Microsoft juga akan meluncurkan MSN apps untuk platform iOS dan Android. Seperti kita ketahui, brand MSN ini bukan hal yang benar-benar baru. Microsoft pernah menggunakannya di awal 2000-an setelah sebelumnya digunakan untuk layanan online/ISP. Microsoft kemudian mengganti brand MSN dengan (Windows) Live dan Bing, sebelum kembali menggunakan MSN. Tampilan portal dan homepage untuk browser Internet Explorer pun berganti. Tentu saja, Bing masih menjadi nama search engine dari Microsoft. Untuk pengguna di Indonesia mungkin selama ini menjumpai brand “PlasaMSN” sebagai homepage di Internet Explorer, juga sebagai pengganti portal Plasa.com milik Telkom Indonesia. Nah, sekarang Plasa.com berganti nama menjadi blanja.com yang merupakan kerja sama antara Telkom Indonesia dan eBay, sementara plasamsn.com akan di-redirect ke tampilan MSN yang baru. Ini juga menandai berakhirnya layanan webmail Plasa.com yang selama ini menjadi custom domain dari Outlook.com.

Logo Baru msn (source: ndtv)

SIDENOTE: Artikel ini diterbitkan tanggal 1 April 2013 (April Mop) dan menyebutkan bahwa Microsoft akan merilis Windows 10, bukannya 9 sebagai penerus Windows 8!

Satu pemikiran pada “Microsoft Mengumumkan Windows 10, MSN Apps Menggantikan Bing Apps

  1. Ping balik: Plasa.com Berubah Menjadi Blanja.com, Ke Mana PlasaMail? | ad-12 Labs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s