Plasa.com Beralih ke Windows Live, Windows Live Spaces Beralih ke WordPress.com

Plasa.com adalah layanan portal dari PT Telkom, yang menyediakan beberapa layanan gratis seperti webmail, KSI (Komunitas Sekolah Indonesia), web forum, dan instant messenger. Semua layanan ini dikembangkan sendiri dan sudah ditawarkan sekitar sebelas tahun yang lalu. Semenjak itu, layanan serupa muncul dan menghilang, terutama yang ditawarkan oleh pemain dalam negeri (masih ingat Astaga, SatuNet, Naver, BolehMail, Im2). Boleh dikatakan, selain TelkomNet Mail, Plasa.com adalah layanan dalam negeri yang cukup mampu bertahan.

Namun, seiring perubahan dalam Plasa.com yang lebih menitikberatkan pada layanan e-commerce, layanan-layanan komunitas Plasa.com terasa sangat tertinggal jika dibandingkan dengan layanan-layanan seperti Gmail, Facebook, atau Twitter. Nampaknya, pengelola Plasa.commenyadari hal itu. Namun, alih-alih menegmbangkan sendiri seperti sebelumnya, kali ini Plasa.com memilih untuk menawarkan versi rebranding dari Microsoft Windows Live bagi para anggotanya. Dengan demikian, pengguna Plasa.com dapat melakukan login ke akun Windows Live menggunakan nama pengguna dan password Plasa.com. Hanya, waktu Penulis mencoba login, yang seterusnya diminta melakukan beberapa prosedur aktivasi sebelum dapat menggunakan akun yang baru. Selain itu, e-mail lama di akun Plasa.com webmail ternyata tidak ikut migrasi ke akun yang baru. Ini menimbulkan tanda tanya bagaimana nasib webmail yang lama jika tidak disediakan prosedur untuk menyelamatkan inbox yang lama. (UPDATE: setelah menengok mailbox lama, ada e-mail dari admin bahwa akan ada “penggantian engine” Plasa Webmail dan e-mail lama [inbox] akan lenyap selama-lamanya…)

Di sisi lain, Microsoft memutuskan untuk menutup layanan Windows Live Spaces, yang antara lain menawarkan blogging. Para pengguna diminta untuk memindahkan isi blognya ke WordPress.com baik secara otomatis maupun manual. Bila memilih cara otomatis, maka kita akan diminta membuat akun blog baru di WordPress.com, kemudian isi blog lama akan dipindahkan ke akun baru. Tentu saja, ada beberapa fitur yang tidak dapat dipindahkan, terutama yang berhubungan dengan layanan Windows Live lainnya. Pada akhirnya, layanan Space akan ditutup pada 16 Maret 2011. Blog Penulis, One Drop of Water yang dulu beralamat di http://pakcipi.spaces.live.com kini telah pindah ke https://iiprayudi.wordpress.com

16 pemikiran pada “Plasa.com Beralih ke Windows Live, Windows Live Spaces Beralih ke WordPress.com

      • Terblokir? saya juga pernah mengalami, karena dituduh menyebarkan spam. Untuk memulihkannya, diperlukan verifikasi melalui SMS, namun celakanya Microsoft belum bisa mendukung operator seluler di Indonesia! Lucunya akhir-akhir ini akun saya normal kembali, dengan mengacuhkan peringatan dari Microsoft.

    • Silakan baca pos terakhir blog ini tentang Windows 10, nampaknya layanan Plasa Mail via Outlook.com sudah berakhir tanpa pemberitahuan. Beberapa pekan lalu saat saya mengakses akun Plasa Mail langsung diminta membuat alias sebagai alamat e-mail yang baru (@outlook.com atau @outlook.co.id). Setelah itu, alamat lama (@plasa.com) tidak bisa diakses lagi, namun akun masih bisa diakses menggunakan alias/alamat e-mail yang baru (@outlook.com/@outlook.co.id)

      • Maaf, akun baru outlook.com/.co.id, itu didapat otomatis, atau hanya yang melakukan migrasi saja? Soalnya, saya coba mengakses akun saya dengan hanya mengganti @plasa.com saya ganti jadi outlook.com dan .co.id, masih tetap tidak masuk?

        Terima kasih…

        Oh ya, saya masukkan email plasa saya untuk memposting ini.. Hehehe

      • Kalau pengalaman saya kemarin, login masih menggunakan @plasa.com, kemudian muncul screen untuk membuat akun baru @outlook.com/outlook.co.id. Prosesnya sama dengan mendaftar akun outlook.com baru, username yang dipilih harus belum pernah terdaftar sebelumnya, jadi bisa saja berbeda dengan username yang selama ini digunakan (@plasa.com). Setelah sukses membuat akun baru, e-mail lama akan tetap bisa diakses melalu inbox.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s