Bye Bye Yahoo Groups!

Akhirnya terjadi juga, setelah akhir tahun lalu Yahoo Groups menghapus konten dari user di situs webnya, akhir tahun ini, tepatnya 15 Desember 2020, Yahoo Groups akan ditutup untuk selamanya. Yahoo Groups didirikan pada tahun 1998 dengan nama Yahoo Clubs. Pada tahun 2001 Yahoo! mengakuisisi layanan milis eGroups dan mengintegrasikannya dengan Yahoo Clubs menjadi Yahoo Groups.

Bye Bye (sumber: Yahoo Groups website)

Pada era sebelum situs media sosial seperti Friendster, MySpace, dan Facebook merajai, Yahoo Groups sangat populer sebagai ajang komunitas online. Setelah situs media sosial, berkembangnya mobile internet membuat fitur serupa Yahoo Groups muncul seperti Facebook Groups, BBM Group, dan WhatsApp Group. Seiring merosotnya reputasi Yahoo! sebagai penyedia layanan online terdepan, satu per satu layanannya ditutup atau dijual, seperti GeoCities, Messenger, Delicious, Flickr, Tumblr, dan akhirnya Yahoo Groups.

Yahoo Groups Closure Announcement

Bagi para admin grup, silakan menulis ucapan perpisahan untuk para anggotanya. Oya, layanan Yahoo Mail masih akan ada (untuk saat ini). Bagi yang mencari pengganti Yahoo Groups, selain Facebook Groups bisa juga mencoba beberapa alternatif di bawah ini:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s