Fenomena Digital Provider di Indonesia

Setahun terakhir ini pengguna mobile internet di Indonesia mulai dikenalkan dengan penyedia layanan “baru” yang disebut juga digital provider. Provider baru ini tidak sepenuhnya baru, karena sejatinya sebagai service provider, mereka harus mengandalkan network provider di belakangnya yang tidak lain adalah operator seluler yang selama ini sudah beroperasi di Indonesia. Pelopor digital provider ini adalah by.U (dari Telkomsel) yang memperkenalkan HUP di bulan Oktober 2019. Kemudian, opsel Smartfren juga mengenalkan layanan Switch disusul oleh XL Axiata yang mengenalkan layanan Live.On. Indosat Ooredoo menjadi opsel terakhir yang mengenalkan layanan digital provider, yang disebut MPWR. Smartfren juga meluncurkan Power Up, dengan fitur mirip dengan digital provider pada umumnya, namun masih menggunakan aplikasi MySmartfren dan Galeri Smartfren.

Digital Provider di Indonesia

Digital provider ini berbeda dengan layanan operator seluler yang biasa. Pertama, layanan berbasis digital yang diawali dengan mengunduh apps provider yang bersangkutan. Dalam apps, Pengguna bisa melakukan registrasi layanan dan pembayaran secara digital. Pengguna bisa memilih nomor dan paket layanan sendiri (custom), sebelum kartu SIM (fisik) dikirimkan kepada pengguna. Singkat kata, interaksi Pengguna dan provider dilakukan secara digital via apps tanpa melibatkan pihak ketiga seperti counter/gerai atau toko/kios HP.

Paket data yang ditawarkan biasanya lebih kompetitif dibandingkan paket dari operator seluler. Bahkan, ada provider yang mengizinkan Pengguna membuat paket sendiri, kuota dan masa berlaku yang bisa disesuaikan. Digital provider juga memberikan banyak promo atau penawaran yang bisa diakses via apps masing-masing. Apakah Anda juga berminat mencoba layanan digital provider ini?

Satu pemikiran pada “Fenomena Digital Provider di Indonesia

  1. Ping balik: Seputar Internet Mobile Broadband di Indonesia | ad-12 Labs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s