Mulai Juni 2021, Penyimpanan Google Photos Tidak Lagi Unlimited

Selama ini kita ketahui bahwa kapasitas penyimpanan gratis untuk layanan Google Gmail, Drive, dan Photos (foto dan video kualitas asli) adalah 15 GB secara total. Namun ada beberapa pengecualian:

  • File-file berformat Google Docs, Sheet, Slide, Drawings, Forms, dan Jamboard tidak dihitung (unimited)
  • File-file foto dan video, jika memilih opsi penyimpanan dengan kualitas tinggi (16 MP foto atau 1080p video) tidak dihitung (unlimited)
  • File-file foto dan video yang diunggah lewat perangkat Google Pixel tidak dihitung (unlimited)
  • Backup WhatsApp juga tidak dihitung (unlimited)

Namun, terhitung tanggal 1 Juni 2021, semua pengecualian itu tidak lagi berlaku. Artinya, semua file yang disimpan di Gmail, Google Drive, dan Google Photos, apapun format dan kualitasnya, sejak tanggal 1 Juni 2021 akan dihitung sebagai bagian dari kapasitas total penyimpanan akun Google Anda, yaitu maksimum 15 GB. Pengecualian masih berlaku untuk pengguna Google Pixel (foto dan video kualitas tinggi) dan backup WhatsApp (?). Tentu saja ini tidak berlaku untuk file-file yang disimpan sebelum tanggal 1 Juni 2021, kecuali jika file tersebut diubah (diedit) setelah tanggal 1 Juni 2021. Akun-akun yang nonaktif (tidak ada kegiatan) selama dua tahun juga akan menerima peringatan tentang penghapusan file yang disimpan di dalamnya.

(Sumber: blog.google/products/photos)

Tentunya ini sedikit mengejutkan, walaupun bagi yang memperhatikan perkembangan, bahwa Microsoft telah menghapus opsi penyimpanan unlimited di OneDrive, begitupun Yahoo!. Google akan menambahkan tool untuk mengelola penyimpanan dan menambahkan pesan/peringatan mengenai kapasitas penyimpanan yang tersisa, dalam satuan waktu, misal: penyimpanan Anda saat ini akan penuh dalam 3 tahun lagi. Tentu saja, masih ada opsi lain untuk menambah kapasitas penyimpanan, apakah itu dengan berlangganan (via GoogleOne) atau mendaftarkan akun Google tambahan. Anda juga dapat menggunakan layanan lain untuk mencadangkan foto dan video Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s