Java 11 Dirilis, Benarkah Tidak Gratis Lagi?

Oracle baru-baru ini merilis Java versi 11, sebagai kelanjutan versi 9 dan 10. Rilis kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya karena versi 11 ini dinyatakan sebagai LTS (Long Term Support). Sebagaimana diketahui, mulai versi 9, Java versi baru akan dirilis setiap enam bulan sekali, alih-alih tiga tahun seperti versi-versi sebelumnya (1 – 8). Perubahan juga terjadi pada dukungan. Jika Java (JDK/JRE) versi 1 – 8 didukung oleh Oracle (dan sebelumnya Sun) untuk semua penggunaan (pribadi/komersial) gratis dan jangka panjang (LTS). Mulai versi 11, Java yang diunduh dari situs Oracle (java.sun.com) hanya didukung (gratis) untuk penggunaan pribadi (development). Untuk penggunaan komersial (production) Oracle akan mengenakan biaya, mirip dengan skema lisensi untuk produk Oracle lainnya seperti database, middleware, dan analytics (business intelligence).

(sumber: proglib.io)

Kabar baiknya, bagi yang belum mengetahui, bahwa Java (JDK) mulai versi 7 sebenarnya sudah dirilis secara open source dengan lisensi GPL dengan nama OpenJDK. Artinya, kode sumber Java bisa diakses oleh publik dan siapapun bisa merilis JDK dari kode tersebut. Oracle menggunakan kode OpenJDK untuk membuat Oracle JDK yang menjadi standar implementasi Java. Bagi pengguna Linux pun selama ini sudah bisa memanfaatkan OpenJDK yang dipaketkan oleh distro-distro seperti RedHat, Ubuntu, Debian, atau SUSE. Dukungan untuk OpenJDK di Linux pun langsung diterima dari vendor distro masing-masing. Selama ini pun, sudah ada beberapa vendor yang merilis JDK versinya sendiri, seperti IBM, Red Hat (membutuhkan akun Red Hat), dan Azul yang bersumber dari kode OpenJDK. Nah, mulai versi 11 Oracle juga merilis versi OpenJDK-nya sendiri. Versi ini bisa digunakan untuk semua penggunaan (pribadi/komersial) tanpa membayar lisensi. Jangan lupa, AdoptOpenJDK juga menyediakan unduhan OpenJDK dengan dua versi, menggunakan JVM Oracle Hotspot atau Eclipse OpenJ9.

Kesimpulannya, Oracle JDK versi 11 tidak sepenuhnya gratis seperti versi-versi sebelumnya. Oracle sendiri merilis versi “sepenuhnya gratis” JDK yang dinamakan Oracle OpenJDK 11 (nama resminya OpenJDK Builds from Oracle). Sebagai alternatifnya (Java 11) ada AdoptOpenJDK dan Zulu dari Azul. Red Hat dan IBM sejauh ini belum merilis JDK versi 11.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s