Java Development Kit (JDK) Portabel untuk Windows

Bagi para pengembang Java, instalasi Java Development Kit (JDK) adalah hal mutlak, yang pertama kali harus dilakukan. Instalasi JDK untuk Windows pun sangat mudah dilakukan, layaknya instalasi aplikasi lainnya. Namun, kadangkala kita menginginkan opsi untuk memasangJDK sebagai aplikasi portabel, sementara Oracle tidak menyediakan JDK dalam bentuk arsip, seperti halnya JDK untuk Linux. Oracle menyediakan JRE for Server dalam bentuk file arsip,  namun masih kurang beberapa file dibandingkan JDK, seperti javaw.exe. Ada berbagai trik untuk melakukan instalasi JDK portabel untuk Windows, salah satunya akan dijelaskan di bawah ini. Tool yang diperlukan adalah aplikasi archiver 7-Zip yang dapat diunduh secara gratis. Unduh juga installer JDK yang diinginkan dari situs Oracle.

  1. Setelah 7-Zip terinstalasi, buka file managernya, lalu pilih file installer jdk untuk Windows, klik kanan dan pilih open archive/buka arsip
  2. Setelah terbuka, berturut-turut buka subfolder .rsrc, 1033, JAVA_CAB10, 111 sampai menemukan file tools.zip. Ekstrak file tools.zip ke satu folder.
  3. Buka command prompt, masuk ke folder hasil ekstraksi tools.zip, lalu ketikkan perintah: for /r %x in (*.pack) do .\bin\unpack200 -r "%x" "%~dx%~px%~nx.jar".  Akhirnya, JDK portabel untuk Windows sudah siap dipergunakan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s