TeamViewer dan Alternatifnya

Bagi mereka yang sering melakukan pekerjaan dukungan teknis umumnya membutuhkan akses jarak jauh ke komputer (server) lain. Pengguna Windows umumnya menggunakan Remote Desktop, pengguna Unix/Linux menggunakan Secure Shell (SSH). Namun demikian, keduanya memerlukan setting yang kompleks, seperti port, firewall, dan username/password ke system. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan tool alternatif yang lebih simpel. Tool akses jarak jauh ini cukup dipasang pada komputer yang mengakses dan akan diakses, konfigurasi akan dilakukan secara otomatis, dan akses bisa dilakukan via internet.

Tool yang populer adalah TeamViewer. Setelah dipasang, TeamViewer akan mendaftarkan diri ke server TeamViewer sebagai perantara dan mendapatkan ID. Anda juga bisa mengeset password sendiri dan menjadikan TeamViewer sebagai service agar komputer bisa diakses setiap saat. TeamViewer juga memiliki fasilitas konferensi, transfer file, dan kendali jarak jauh. TeamViewer tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux serta gratis untuk penggunaan pribadi.

Pengalaman pribadi Penulis dalam menggunakan TeamViewer untuk melakukan akses jarak jauh ke beberapa server selama ini tidak mengalami kendala berarti. Namun, akhir-akhir ini terjadi kendala dalam bentuk peringatan seperti di bawah ini:TeamViewer

Cara yang umum dilakukan untuk mengatasi ini adalah instalasi ulang TeamViewer, setelah sebelumnya mengganti MAC address. Bagi Anda yang kurang menyukai cara hacking ini, tersedia sejumlah tool alternatif untuk TeamViewer. Beberapa tool alternatif TeamViewer akan dibahas di bawah ini:

  1. AnyDesk

  2. Aeroadmin

  3. LiteManager

  4. UltraViewer

  5. Lepide RemoteAdmin

  6. Remote Utilities

  7. Chrome Remote Desktop

  8. Zoho Assist

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s