Pro dan Kontra Windows 10: Mata-mata Microsoft?

Sudah hampir empat bulan sejak Microsoft Windows 10 dirilis. Bulan November ini bahkan sudah dirilis update yang “signifikan”, dikenal dengan istilah “Threshold 2” atau “Build 10586”. Berbeda dengan rilis-rilis sebelumnya, Windows 10 mendapat banyak perhatian karena selama setahun sejak tanggal rilisnya akan tersedia sebagai upgrade gratis bagi pengguna Windows 7 dan 8.x. Selain itu, proses pengembangan Windows 10 juga lebih terbuka, dengan program Windows Insider.

windows-10-is-spying-on-every-user-but-theres-a-way-out

(Sumber: hackread.com)

Namun, selain antusiasme dan komentar positif dari para penggunanya, Windows 10 juga banyak dikritik karena fitur Windows Telemetry, Iklan di Start Menu, dan pengiriman data ke Microsoft secara otomatis. Begitu pun bagi pengguna Windows 7 dan 8.x yang tidak ingin melakukan upgrade ke Windows 10 pun merasa terganggu dengan tampilan GetWindows10 app dan bahwa file-file upgrade Windows 10 diam-diam diunduh ke hard drive tanpa seizin pengguna, walaupun mereka tidak menginginkan upgrade/melakukan reserve di GetWindows10 app. Sementara itu, fitur-fitur Windows Telemetry dan Tracking diam-diam sudah disisipkan ke dalam Windows 7 dan 8.x lewat Windows Update.

Untungnya, ada cara untuk mengatasi masalah-masalah di atas, sebagian di antaranya masih manual, namun sebagian lagi sudah menggunakan tool/aplikasi khusus yang mudah digunakan:

  1. Bagi yang ingin menghindari tampilan GetWindows10 app bisa menggunakan GWX Control Panel, yang juga akan menghapus file-file installer Windows 10 yang diam-diam diunduh ke hard drive Anda.

    GWX Control Panel
  2. Untuk menghapus fitur Windows Telemetry dan Tracking di Windows 7 dan 8.x, ada beberapa prosedur (manual) yang harus dilalui, seperti menghapus beberapa update Windows, menghapus beberapa service, memodifikasi registry, menghapus task di scheduler, dan mengeblok host dan IP address tertentu. Selengkapnya bisa dibaca di blog Alaya.
  3. Bagi yang sudah menginstalasi Windows 10 dan ingin menghapus/menonaktifkan fitur Windows Telemetry dan Tracking bisa menggunakan dua tool gratis dari O&O dan Ashampoo. Kedua tool ini akan secara otomatis mengeset/menonaktifkan fitur-fitur Windows Telemetry dan Tracking dalam beberapa level. Sebuah tool open source, Disable Windows 10 Tracking, bahkan memodifikasi file HOSTS dan setting firewall anda untuk mengeblok domain dan alamat IP tertentu.
    O&O ShutUp10

    Ashampoo AntiSpy for Windows 10

    Disable Windows 10 Tracking

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s