Google Akan Melebur Chrome OS ke Android?

Dirilisnya Pixel C (berbasis Android) oleh Google baru-baru ini menimbulkan spekulasi bahwa Chrome OS, yang selama ini hanya didapatkan preinstalled dalam Chromebook akan segera dihentikan, dan digabungkan dengan Android (tautan berbayar). Spekulasi ini sudah lama beredar, saat Sundar Pichai menggantikan Andy Rubin untuk mengepalai divisi Android di tahun 2013 , Pichai bahkan sekarang menjabat CEO Google setelah reorganisasi yang ditandai pembentukan holding company Alphabet. Aplikasi Android pun sebagian di antaranya sudah bisa dijalankan di Chrome OS menggunakan teknologi Native Client (NaCl).

(sumber: TechGadgetCentral.com)

Integrasi ini ditengarai karena popularitas Android di platform mobile, embedded, dan wearables. Beberapa vendor telah mencoba menawarkan Android di platform desktop dalam bentuk hybrid device seperti Asus Transformer Pad. Selain itu, adopsi Chromebook (dan Chrome OS) dinilai terlalu lambat. Kabar ini pun langsung dibantah oleh Google. Selain terus mengembangkan Chromebook, Google akan menggunakan Chrome OS dalam perangkat seperti Chromecast dan Chromebit.

 Pixel C (Sumber: pixel.google.com)

Terlepas dari kabar (burung) tersebut, strategi Google dengan kedua sistem operasi ini memang patut ditunggu, apakah tetap seperti sekarang, seperti Apple dengan OS X dan iOS (dan WatchOS), atau mencoba strategi Microsoft dengan Universal Windows Platform (UWP) a.k.a Universal Apps. Android yang berjalan di semua platform otomatis membuat aplikasinya tersedia di semua platform (secara teori). Tentu saja dalam praktiknya tidak sesederhana itu. Tiap platform mempunyai batasan-batasan tersendiri, bukan hanya ukuran display.

Satu pemikiran pada “Google Akan Melebur Chrome OS ke Android?

  1. Ping balik: Andromeda: Sistem Operasi Baru Pengganti ChromeOS? | ad-12 Labs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s