MS Office Mobile, Hadir di Semua Platform

Sebagai pengguna Linux, apalagi yang berlatar belakang pengguna Microsoft Windows, pertanyaan yang akan sering muncul di benak adalah: Apakah Microsoft Office ada di platform Linux? Jawaban pertama yang muncul adalah menggunakan emulasi semacam wine/CrossOver Office. Kenyataannya, Microsoft hanya merilis Microsoft Office (secara native) untuk Windows dan MacOS. Masalahnya tentu saja bukan terletak pada teknis, karena MacOS X sendiri berbasis BSD (UNIX) yang masih bersaudara dengan Linux.

(Sumber: droidlessons.com)

Microsoft Office untuk Linux (desktop) memang belum pernah dirilis, namun dengan semakin populernya platform Android (yang berbasis kernel Linux) untuk perangkat mobile dan platform Microsoft untuk mobile menjadi kurang populer, akhirnya ‘memaksa’ Microsoft untuk berputar haluan. Microsoft Office Mobile for Android pun resmi dirilis pada 31 Juli 2013, selain untuk platform iOS. Rilis pertama ini membutuhkan akun Office365 (berbayar), sehingga penggunaannya masih terbatas. Langkah Google membeli aplikasi QuickOffice dan memaketkannya bersama rilis Android KitKat (4.4) setelah Apple memaketkan iWork bersama iOS/Mac membuat Microsoft akhirnya membebaskan Office Mobile untuk Android/iOS. Pengguna tidak lagi membutuhkan akun Office365, cukup akun Microsoft (Live/Hotmail/Outlook.com) yang gratis.

(Sumber: winbeta.org)

Pengguna perangkat berbasis Android (smartphone/tablet) bisa mengunduh Microsoft Office Mobile dari Google PlayStore. Setelah instalasi, Anda harus memasukkan username dan password akun Microsoft untuk dapat menggunakannya. Microsoft Office Mobile ini terdiri atas Word, Excel, dan PowerPoint. Sayangnya, Anda tidak bisa bekerja dengan dokumen lokal di perangkat Anda, Office Mobile hanya mendukung layanan cloud OneDrive dan DropBox, dan SharePoint. Fitur tambahan baru tersedia jika Anda memiliki akun Office365.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s