Menjalankan Mobile Apps di PC

Dewasa ini, perangkat mobile semakin populer di masyarakat, seperti smartphone, tablet, wearable (smartwatch, Google Glass), dan perangkat hybrid (phablet, tablet-notebook). Definisi perangkat komputasi pun bergeser dari domain PC (desktop, notebook) dan thin client ke gadget. Internet, yang dulu hanya diakses menggunakan PC pun sekarang lebih banyak diakses menggunakan perangkat mobile. Pengembangan aplikasi/perangkat lunak untuk perangkat mobile pun semakin marak, karena dipandang lebih menguntungkan secara finansial. Platform mobile seperti iOS dan Android dirancang berbeda dari platform desktop seperti Windows, MacOS, dan Linux sehingga aplikasinya pun berbeda dan tidak bisa langsung dipertukarkan.

Namun demikian, sekarang ini sudah ada cara untuk menjalankan aplikasi mobile (sering disebut mobile apps) di desktop (PC). Ada dua pendekatan yang berbeda untuk menjalankan aplikasi mobile (berbasis Android) di PC:

  1. BlueStacks App Player
    Cara pertama adalah menggunakan emulator untuk menjalankan aplikasi Android. Pendekatan ini menggunakan aplikasi BlueStacks App Player. 
  2. Android-x86
    Cara kedua adalah menginstalasi sistem operasi Android itu langsung di PC, baik langsung ataupun menggunakan virtual machine seperti VMware, Oracle VirtualBox atau QEMU. Tentu saja yang diinstalasi bukan versi asli Android melainkan varian Android yang sudah dimodifikasi agar bisa dijalankan pada PC, yang dinamakan Android-x86.
  3. Windroy
    Aplikasi ini menjalankan aplikasi Android di atas kernel Windows. windroy
  4. AndroVM/Genymotion
    AndroVM berbasis Android-x86 dan bisa dikatakan sebagai produk yang paling matang di antara emulator Android yang ada. Sejak bulan Mei 2013 AndroVM dengan dukungan Genymobile membentuk Genymotion, yang menawarkan solusi komersial bagi perusahaan/industri yang membutuhkan.
  5. VMLite
    Alternatif lainnya adalah menggunakan VMLite (Android 4.04), yang merupakan varian dari Oracle VirtualBox. VMLite  mendukung seamless mouse yang memungkinkan dukungan penuh untuk perangkat mouse dalam VM.

Satu lagi emulator Android portabel yang disebut Jar of Beans, sekarang sudah tidak dikembangkan lagi karena banyaknya komplain berkait  penyertaaan iklan dalam aplikasi tersebut.

Anda juga bisa mencoba Manymo, emulator Android berbasis web.

(Sumber: Manotechnology)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s