“Apasaja-dot-ID” untuk Semua

Setelah bertahun-tahun menanti, akhirnya Forum Nama Domain Indonesia menyetujui penggunaan domain .id tanpa subdomain seperti selama ini (anything .id). Jadi, jika selama ini kita hanya bisa mendaftarkan nama domain dengan subdomain co.id, or.id, net.id, web.id, sch.id, atau my.id, mulai 17 Agustus 2014, kita bisa mendaftarkan nama domain dengan akhiran .id saja. Jelasnya, jika saat ini kita hanya bisa mendaftarkan nama domain prayudi.web.id, ke depannya kita bisa mendaftarkan nama domain prayudi.id.

Peluncuran domain .id ini akan dilakukan pada tanggal 20 Januari 2014, diawali dengan periode Sunrise selama tiga bulan, berlaku bagi para pemegang merek yang terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM. Selanjutnya ada periode Grandfather selama dua bulan, diberikan bagi pemilik domain .id existing, dan akhirnya periode Landrush selama dua bulan, diberikan kepada siapapun yang mau mendaftar. Pada 17 Agustus 2014, pendaftaran kan berlaku secara umum seperti nama domain lainnya. Sistem lelang akan diberlakukan saat ada dua atau lebih pihak yang mengklaim nama domain yang sama.

Biaya pendaftaran untuk domain .id ini sebesar Rp 500.000,00 (plus PPN) per tahun, lebih mahal dibandingkan domain .co.id yang sebesar Rp 100.000,00 dan subdomain lain yang berkisar Rp 50.000,00 per tahun.

Satu pemikiran pada ““Apasaja-dot-ID” untuk Semua

  1. Ping balik: Domain “Apasaja.id” Akhirnya Resmi Diluncurkan | ad-12 Labs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s