Instalasi Oracle JDK di Ubuntu

Instalasi Java, baik JRE maupun JDK di Linux selalu menjadi masalah sejak dulu. Lisensi Java (sebelum tahun 2006) tidak mengizinkannya didistribusikan dalam repositori perangkat lunak linux. Canonical sebagai sponsor distro linux Ubuntu pernah bekerja sama dengan Sun Microsystems untuk mendistribusikan Sun JRE dan JDK dalam repositori Ubuntu. Namun, sejak Sun merilis Java 7 dengan lisensi GNU GPL, kerja sama ini dihentikan. Sejak itu, Java bisa didapatkan langsung dari repositori dengan nama OpenJDK, yang dikompilasi dari kode sumber yang dirilis Sun (kini Oracle). Oracle masih merilis JRE dan JDK untuk Linux yang harus diinstal secara manual.

Hadirnya OpenJDK memang memudahkan bagi pengguna Linux untuk menggunakan Java. Di sisi lain, Oracle JRE/JDK masih dibutuhkan oleh kalangan pengembang aplikasi, terutama aplikasi untuk perkantoran/enterprise. Instalasi Oracle JDK/JRE secara manual tidak sulit dilakukan, namun untuk mengintegrasikan dengan sistem secara keseluruhan membutuhkan sedikit usaha. Untungnya, sekarang sudah ada cara untuk mengintegrasikan Oracle JDK dengan distro Ubuntu menggunakan script instalasi dari Web Upd8. PPA dari Web Upd8 ini memungkinkan kita menginstalasi Oracle JDK 6, 7, dan 8 sekaligus mengintegrasikannya dalam sistem Ubuntu.

Cara menggunakan PPA ini sangat mudah, kita cukup mengetikkan dua baris perintah: sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java
sudo apt-get update

Kemudian kita bisa menginstalasi Oracle JDK sesuai versinya, misalnya untuk menginstalasi Oracle JDK 7 kita tinggal mengetikkan:
sudo apt-get install oracle-java7-installer
Untuk versi 6 dan 8 kita tinggal mengganti angka 7 dengan 6 atau 8. Perintah di atas akan menginstalasi script yang otomatis akan berjalan dan mengunduh Oracle JDK dari situs Oracle, sekaligus menginstalasi dan mengonfigurasikannya. Untuk mengeset Java Environment Variable secara otomatis, kita bisa menginstalasikan oracle-java-set-default sesuai versi Java (6, 7, atau 8) dengan perintah:
sudo apt-get install oracle-java7-set-default
Script instalasi ini diperbarui setiap Oracle merilis versi terbaru Java.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s