Setelah MS Office, Adobe Creative Suite Menyusul ke Awan

Pada tahun 2011, Microsoft memperkenalkan Office 365, sebuah layanan berbasis komputasi awan (cloud) yang disebut-sebut sebagai pesaing layanan Google Docs. Dengan diluncurkannya Microsoft Office 2013, Microsoft mulai metode baru penjualan perangkat lunak buatannya. Office 2013 tidak tersedia dalam format fisik (CD/DVD), namun hanya berupa lisensi dan tautan untuk mengunduh. Lisensi Office 2013 tidak dapat dipindahkan ke perangkat lain dan hasil unduhan hanya dapat diinstalasikan pada satu perangkat. Sementara itu, layanan Office 365 diperbarui dengan menawarkan paket untuk pengguna rumahan, lengkap dengan lima lisensi Office 2013 dengan berlangganan. Pihak Microsoft sendiri menyatakan bahwa langkah-langkah ini diambil untuk memerangi pembajakan.

Saat kontroversi Microsoft Office 2013 belum berakhir, Adobe mengumumkan langkah serupa baru-baru ini. Setelah meluncurkan layanan komputasi awannya, Adobe Creative Cloud, mereka menyatakan akan menghentikan penjualan produk Adobe Creative Suite 6 secara eceran dan hanya akan menyediakan versi terbaru Creative Suite sebagai bagian dari layanan Creative Cloud. Aplikasi diunduh, diinstalasikan, dan harus diaktivasi setiap 30 hari sekali.

Adobe Creative Cloud

Sistem distribusi perangkat lunak diyakini bakal bergeser pada model berlangganan dibandingkan “beli putus” seperti sekarang ini. Anda hanya membayar biaya berlangganan, yang dipaket dengan layanan penyimpanan awan (cloud storage) dan berbagai fitur lain berbasis komputasi awan. Saat Anda berhenti berlangganan, maka aplikasi tidak akan dapat digunakan lagi. Pembaruan dan perbaikan aplikasi akan dilakukan secara otomatis, dan bebas dari gangguan (malware). Di masa depan, sistem berlangganan ini mungkin hanya disaingi oleh perangkat lunak bebas (free software) saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s