PhoneGap Build

Build Bot Prime

Situs PhoneGap Build (Sumber: Adobe Developer Connection)

Pengembangan aplikasi mobile saat ini tengah menjadi trend di dunia pemrograman. Semakin merakyatnya perangkat mobile pintar, seperti smartphone dan tablet dengan berbagai platform yang bersaing, seperti iOS (iPhone, iPad), Blackberry, Android, dan Windows Phone 7/Windows 8 membuat kebutuhan akan aplikasi mobile terus meningkat. Namun, satu hal yang membuat pengembangan aplikasi mobile menjadi rumit adalah banyaknya platform yang harus didukung. Selain empat platform di atas, masih ada beberapa platform yang juga cukup banyak digunakan, yaitu: Symbian, WebOS, Bada, dan MeeGo. Belum lagi mengingat bahwa masing-masing platform mempunyai standar pengembangan aplikasi yang berbeda-beda, sangat sulit dan mahal untuk mengembangkan aplikasi mobile yang mampu berjalan di setiap platform.

Salah satu cara untuk mengembangkan aplikasi mobile lintas platform adalah menggunakan standar HTML5. Sebagaimana kita ketahui, HTML, bersama CSS dan JavaScript sudah bukan lagi terbatas pada pembuatan situs web, namun sudah mengarah ke pembuatan aplikasi web. Dengan peluncuran Windows 8 oleh Microsoft, pemrograman HTML5 diramalkan akan semakin meluas. Aplikasi web yang dikembangkan menggunakan HTML5 ini secara default akan berjalan di semua platform, tentunya jika diakses menggunakan browser web yang mendukung. Dengan menggunakan toolkit seperti PhoneGap, aplikasi web ini dapat “dibungkus” menjadi aplikasi native untuk masing-masing platform. PhoneGap dikembangkan oleh Nitobi, yang kemudian diakuisisi oleh Adobe di tahun 2011. Kode PhoneGap kemudian dirilis menjadi open source melalui projek Apache Cordova, dengan lisensi APL (Apache Public License) versi 2.0.

Pada tanggal 24 September 2012 Adobe meluncurkan PhoneGap Build secara resmi, setelah melalui tahapan beta. PhoneGap Build adalah layanan cloud (online) untuk “mengompilasi” aplikasi mobile Anda mejadi app yang siap digunakan untuk enam platform: iOS, BlackBerry, Android, Windows Phone, WebOS, dan Symbian. Perlu diingat bahwa untuk platform iOS dan BlackBerry Anda membutuhkan sertifikat atau signing key sebelum app Anda bisa digunakan. Anda tinggal mengunggah file aplikasi Anda yang berbasis HTML5 ke situs PhoneGap Build (setelah mendaftar sebagai anggota), dan secara otomatis akan diproses. Keanggotaan PhoneGap Build dapat dipilih antara gratis dan berbayar. Keanggotaan gratis hanya dapat menggunakan satu aplikasi private (non open source), sedangkan keanggotaan berbayar bisa sampai 25 aplikasi. Untuk apilkasi open source tidak dibatasi jumlahnya. Anda dapat mendaftar pada PhoneGap Build menggunakan akun Adobe ID atau GitHub.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s