Ubuntu for Android

Canonical baru-baru ini meluncurkan Ubuntu for Android, yang menimbulkan banyak pertanyaan seputar “wujud mahluk seperti apakah gerangan ini”.  Pada prinsipnya, Ubuntu for Android adalah tampilan desktop Ubuntu (Unity) yang berjalan di atas kernel Android (yang nota bene adalah kernel Linux). Muncul pertanyaan berikutnya: Mana muat satu desktop Ubuntu dalam layar ponsel pintar (smartphone) Android yang kecil itu? Ternyata, tampilan desktop Ubuntu (Unity) itu bukan dalam smartphonenya saat dibawa-bawa. Lengkapnya, Ubuntu for Android adalah tampilan desktop Ubuntu (Unity) di atas kernel Android (Linux) dalam kondisi smartphone terparkir (docked) dan terhubung ke perangkat keyboard, mouse, dan monitor. Jadi, smartphone berperan sebagai CPU dalam konfigurasi PC standar.

Ubuntu for Android (www.ubuntu.com)

Lalu, apa hebatnya? bayangkan bahwa smartphone Anda sebagai komputer portabel atau komputer saku, yang mungkin tidak sepenuhnya portabel seperti laptop, namun cukup mendekati. Semua data (kontak, pesan, e-mail, jejaring sosial) dalam smartphone akan langsung dapat diakses dari desktop Ubuntu saat terparkir, bahkan sesi jelajah (browsing) internet di smartphone Android Anda akan langsung berpindah ke browser desktop Ubuntu. Tergantung dari kekuatan komputasi smartphone Android Anda, aplikasi perkantoran (Office) pun bisa dijalankan dalam desktop Ubuntu. Sebuah video dari situs Engadget (berbahasa Inggris) memperlihatkan sekilas demonstrasi Ubuntu for Android ini menggunakan smartphone Motorola Atrix.

Konsep Ubuntu for Android ini nampaknya mulai menampakkan kecenderungan di masa yang akan datang batas antara perangkat komputasi dan komunikasi akan semakin mengabur. Begitu juga dengan sistem perangkat lunak yang berjalan di dalamnya. Tanda-tandanya mulai nampak: Microsoft dengan Windows 8 mulai memasukkan tampilan ala Windows Phone 7 dan bisa dijalankan di atas platform ARM (yang biasa digunakan untuk perangkat portabel, handphone dan tablet), Apple juga (konon) bersiap untuk mengintegrasikan MacOS dan iOS, dan akhirnya Google dengan Androidnya yang berbasis Linux, yang pada dasarnya sudah bisa dijalankan di semua platform. Akankah ini menjadi kenyataan, masih harus ditunggu kelanjutannya.

2 pemikiran pada “Ubuntu for Android

  1. Ping balik: Ubuntu Luncurkan OS untuk Smartphone | ad-12 Labs

  2. Ping balik: Membahas Smartphone Ubuntu OS « Amirullah91

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s