Seputar Windows 8: Logo dan Tampilan Baru

Windows 8, sistem operasi terbaru dari Microsoft memang belum resmi diluncurkan, namun banyak perubahan revolusioner yang dilakukan yang memancing diskusi hangat di kalangan pemerhati teknologi informasi. Versi Developer Preview dari Windows 8 yang dapat diunduh secara gratis memperkenalkan banyak perubahan dalam tampilan dan pengembangan aplikasi Windows. Yang paling mencolok adalah tampilan antarmuka pengguna yang berbasis pada Windows Phone 7, yang dikenal dengan nama Tiles. Tampilan ini mengacu pada [ponsel pintar (smartphone) dan tablet dengan layar sentuh, dengan Tiles yang menggabungkan fungsi icon, widget, dan dock/taskbar dalam satu bentuk menyerupai “mosaik” atau “ubin” berbentuk persegi panjang (kotak). Menurut gosip terbaru, tombol Start pada Windows 8 akan dihilangkan, digantikan semacam “hotspot” di sudut kiri atas layar.

Perubahan lain yang mengiringi tampilan baru Windows 8 adalah dalam pengembangan aplikasi. Untuk mendukung tampilan Tiles dan integrasi dengan perangkat seperti ponsel, tablet, dan konsol permainan, Microsoft memperkenalkan standar pemrograman baru yang disebut Metro. Perubahan standar pemrograman ini diperlukan untuk membuat aplikasi dapat berjalan pada platform Intel (x86) dan ARM. Nantinya, aplikasi berbasis Metro hanya bisa didistribusikan lewat Windows Store, semacam Apple AppStore.

Untuk Windows 8, Microsoft juga akan memperkenalkan logo baru, yang jauh berbeda dengan logo Windows yang kita selama ini. Jika logo Windows sekarang menyerupai bentuk bendera empat warna, yang ber-evolusi sejak Windows versi 3.1, logo baru dirancang berbentuk seperti jendela (surprise!) dengan warna biru langit. Bentuk logo baru ini mengingatkan pada logo Windows versi 1.0.

Kontroversi seputar rencana peluncuran Windows 8 mulai menyeruak, terutama seputar penggunaan teknologi SecureBoot. Teknologi ini akan ditanamkan pada perangkat keras yang berfungsi untuk mengunci sistem PC agar hanya memuat sistem operasi yang tersertifikasi. Dikhawatirkan, penggunaan SecureBoot akan menghalangi pengguna untuk mengganti atau memasang sistem operasi non-Microsoft atau sistem operasi bebas/terbuka seperti Linux. Lebih lanjut, pengenalan Metro dan Windows Store akan membatasi peran vendor perangkat lunak pihak ketiga. Semua aplikasi berbasis Metro hanya dapat didistribusikan lewat Windows Store dari Microsoft, yang dikhawatirkan akan mematikan pengembangan aplikasi pihak ketiga di masa datang.

Satu pemikiran pada “Seputar Windows 8: Logo dan Tampilan Baru

  1. Ping balik: Mencoba Windows 8 (Consumer Preview) « ad-12 Labs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s