Oracle Menyerahkan OpenOffice.org ke Apache Foundation

OpenOffice saga masih berlanjut. Setelah Oracle menyatakan akan menyerahkan pengembangan OpenOffice.org kepada komunitas, muncullah proposal penyerahan kode OpenOffice.org kepada Apache Foundation. Apache Foundation selama ini dikenal sebagai komunitas pengembang free and open source software (FOSS) yang cukup punya nama. Pertama dibentuk untuk mengembangkan server Web Apache (kini dikenal dengan nama Apache HTTPd), Apache berkembang menjadi puluhan projek yang sebagian besar berhubungan dengan server web dan aplikasi web, terutama berbasis Java, seperti MyFaces, Struts, Tomcat, Ant, Project Harmony, dan Geronimo.

Langkah Oracle ini tentu menjadi babak baru dalam kemelut yang terjadi di dalam pengembangan OpenOffice.org yang terjadi sejak tahun yang lalu, saat Sun Microsystems diakuisisi oleh Oracle. Komunitas pengembang OpenOffice.org yang berinisiatif membentuk The Document Foundation untuk membenahi struktur pengembangan OpenOffice.org secara keseluruhan kemudian diminta keluar dari proyek OpenOffice.org oleh Oracle. Hasilnya, muncullah LibreOffice sebagai fork dari kode OpenOffice.org ditambah kontribusi/patch dari komunitas yang selama ini ditolak untuk dimasukkan dalam kode OpenOffice.org. LibreOffice terus menemukan momentumnya dengan dukungan dari distro mainstream Linux seperti RedHat, Fedora, Ubuntu, Debian, dan Mandriva untuk menggantikan OpenOffice.org sebagai aplikasi perkantoran default.

Masalah yang kemudian timbul, dan sudah gencar disuarakan oleh banyak pihak, adalah perbedaan lisensi yang akan digunakan. LibreOffice menggunakan lisensi LGPL v3, sedangkan Apache kemungkinan besar akan menggunakan APL (Apache Public License) yang tidak kompatibel dengan GPL. Selain itu, kompetensi Apache Foundation dalam menangani OpenOffice.org juga sedikit diragukan. Walaupun kode OpenOffice.org itu sebagian besar menggunakan Java, yang masuk dalam kompetensi Apache Foundation, sebagian besar proyek Apache adalah berbasis server dan tidak berorientasi pada pengguna akhir.

Tentu saja, semua itu masih merupakan spekulasi. Paling tidak, Apache Foundation kelihatan lebih menghargai kehadiran LibreOffice dan The Document Foundation sehingga tidak menutup kemungkinan keduanya bekerja sama di masa mendatang. Sebagai alternatif aplikasi perkantoran yang bebas digunakan, OpenOffice.org seharusnya bisa dikelola dengan lebih baik agar tidak menihilkan segala upaya yang telah dilakukan sampai saat ini.

Satu pemikiran pada “Oracle Menyerahkan OpenOffice.org ke Apache Foundation

  1. Ping balik: Apache OpenOffice 3.4 Dirilis, Perang Free Office Suite Dimulai? « ad-12 Labs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s