Menjalankan Linux dalam Browser (Emulator PC dengan JavaScript)

Jika dulu JavaScript dianggap sebagai bahasa “mainan” untuk sekadar menampilkan tanggal dan waktu yang terus diperbarui, perkembangan teknologi browser dan engine JavaScript di dalamnya memicu perkembangan aplikasi web menggunakan JavaScript. AJAX (XML HTTP Request) memungkinkan aplikasi web “terasa” seperti aplikasi desktop. Hampir semua webmail menggunakan AJAX untuk tampilannya. Namun, sejauh mana JavaScript dapat digunakan? Seorang programer Prancis, Fabrice Bellard (pendiri FFmpeg dan QEMU) mempunyai ide unik dengan mengembangkan emulator PC menggunakan JavaScript!

Bagi yang kurang paham mengenai emulator PC, konsepnya adalah sebuah software yang meniru atau menyimulasikan sebuah PC, ada prosesor, RAM, I/O, dan storage media. Di dalam emulator PC, kita bisa menginstalasi sistem operasi seperti Windows, Linux, atau MacOS. Sebagai contoh, emulator PC yang populer adalah VirtualBox, VMWare, Parallels, dan QEMU. Nah, emulator yang satu ini menggunakan JavaScript dan dijalankan oleh engine di dalam browser, maka secara teknis emulator ini adalah aplikasi web juga. Tidak percaya? silakan akses halaman JavaScript Emulator ini menggunakan browser Firefox 4 atau Google Chrome 11. Anda akan melihat tampilan layaknya layar komputer dan bergantung pada kecepatan koneksi Anda, setelah aplikas ini terunduh, akan tampil aktivitas booting Linux sampai keluar prompt.

Tampilan JavaScript PC Emulator menjalankan Linux pada Firefox 4

Tampilan JavaScript PC Emulator menjalankan Linux pada Firefox 4

Jika Anda menjalankan perintah ls pada prompt, hanya akan keluar satu file hello.c, yang merupakan kode untuk menampilkan tulisan “Hello World” dalam bahasa C. Jalankan perintah berikut: tcc -run hello.c untuk mengompilasinya, dan akan keluar tulisan Hello World. Aplikasi yang dinamai Jslinux ini masih dalam pengembangan dan banyak keterbatasannya, ke depannya Bellard berharap bisa menjalankan sistem operasi (versi lama) seperti DOS atau Windows 3.x.

JS/Linux mengompilasi dan menampilkan "Hello World"

JS/Linux mengompilasi dan menampilkan "Hello World"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s