Firefox 4.0 Sudah Dirilis

Setelah hampir 9 bulan 10 hari (ups…) dalam pengembangan, akhirnya Mozilla merilis browser terbarunya, Firefox 4.0. Hanya berselang hitungan hari, Microsoft merilis Internet Explorer 9.0 dan sebelumnya Google merilis Chrome 10 Stable. Sebagai pemakai Firefox sejak versi 1.0 enam tahun yang lalu, Penulis pun langsung mengunduh dan menginstalasikan browser baru ini. Saat menjalankannya pertama kali, eng…ing..eng ternyata ada beberapa ekstensi dan tema yang tidak kompatibel, sebagian besar berhubungan dengan kustomisasi tampilan ala Google Chrome. Kesan pertama, adalah tampilan yang mirip perpaduan antara Google Chrome (tab di atas, minus status bar) dan Opera/Office 2007 (tombol menu di sudut kiri atas). Bagi yang lebuh menyukai tampilan klasik dapat dengan mudah mengembalikannya dengan klik kanan di sekitar address bar/tombol maju/mundur, dan mengecek pilihan Menu Bar dan Add-On Bar, serta tidak memilih opsi Tabs on Top.

Jumlah Download Firefox 4.0 per 23 Maret 2011 19:00 WIB (glow.mozilla.org)

Jumlah Download Firefox 4.0 per 23 Maret 2011 19:00 WIB (glow.mozilla.org)

Sebagian ekstensi sudah diperbaiki agar kompatibel dengan versi baru ini seperti: AdBlock Plus, NoScript, DownThemAll, YouTube Easy Video Downloader, PrayTimes,  dan OmniBar. Saat mencoba meng-uninstal ekstensi yang tidak kompatibel, Firefox 4 tidak memerlukan restart (nice…). Nampaknya trend minimalisasi ala Google Chrome semakin menguasai, mulai IE9, Opera 11, dan akhirnya Firefox 4 ramai-ramai mengubah antarmukanya untuk memperluas area browsing. Selain itu, Firefox 4 memperkenalkan dukungan untuk HTML5 (tag VIDEO) menggunakan WebM (codec VP8). WebM adalah format masa depan (Dewa 19?) video untuk web yang open source, sebagai rival dari codec H.264 yang bermasalah dengan paten (seperti halnya mp3). WebM dikembangkan oleh Google, yang juga memiliki YouTube, dan ke depannya YouTube akan menggunakan WebM sebagai pilihan utama. Dan tentu saja, keunggulan utama Firefox 4.0 dibandingkan IE9 adalah dukungan untuk Windows XP ! (IE9 hanya berjalan di Vista/7).

Statistik Penggunaan Browser Web di Indonesia (sumber: StatCounter)

Statistik Penggunaan Browser Web di Indonesia (sumber: StatCounter)

Bagi pengguna Ubuntu Linux (versi 10.04 LTS dan 10.10), karena Ubuntuzilla telah mengakhiri kegiatannya, maka untuk menggunakan Firefox 4.0 dapat menggunakan Mozilla Team PPA. Caranya dengan mengetikkan perintah-perintah berikut di terminal:

sudo add-apt-repository ppa:mozillateam/firefox-stable
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade

Selamat Mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s