Google Menyensor BitTorrent dan File Sharing?

Menurut posting dalam Google Public Policy tanggal 2 Desember 2010, Google akan mulai menerapkan kebijakan baru mengenai hak cipta (copyright) dalam mesin pencarinya. Ada empat kebijakan baru yang akan diterapkan:

  • Bertindak atas permintaan penghapusan entri yang melanggar hak cipta dalam waktu 24 jam, jika permintaan itu bisa dipertanggungjawabkan
  • Mencegah konteks pencarian yang berhubungan dengan pelanggaran hak cipta muncul dalam fitur Autocomplete
  • Memperbaiki penilaian antipembajakan (untuk situs web) di AdSense
  • Bereksperimen untuk mempermudah pratayang dan akses ke konten legal dalam hasil pencarian.

Nampaknya, kebijakan baru tersebut (terutama poin kedua) sudah mulai diterapkan. Sebuah laporan menyebutkan bahwa pencarian dengan konteks seperti BitTorrent dan RapidShare sudah tidak bisa lagi dilakukan menggunakan fitur Autocomplete dan Instant Search. Artinya, jika kita mengetikkan kata yang berhubungan dengan “torrent” atau “rapidshare” (dan juga “megaupload”), maka Google tidak akan memunculkan “suggestion” atau melengkapi konteks yang akan dicari. Namun demikian, pencarian secara normal, dengan mengetikkan kata-kata tersebut secara lengkap dalam kotak pencarian Google dan menekan tombol Search/Cari atau Enter (pada keyboard) akan tetap menampilkan hasil yang sesuai.

Meskipun Google hanya membatasi salah satu (atau dua) fungsi pencariannya, banyak yang berpendapat bahwa ini hanyalah awal dari penyensoran secara total. Beberapa opini menyayangkan kebijakan ini, menganggap Google sudah mengkhianati prinsip “Net Neutrality” yang mereka perjuangkan mati-matian, terutama saat menghadapi Pemerintah RRC. Pendapat-pendapat pro dan kontra pun bermunculan, yang menganggap Google sudah “menyerah” pada desakan industri konten (musik,film) yang sudah kewalahan menghadapi pembajakan sampai seruan untuk memboikot Google dan beralih ke mesin pencari yang lain. Bagaimana dengan Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s