Migrasi ke Ubuntu Maverick (10.10)

Seperti biasa, siklus enam bulanan pada distro Linux terpopuler saat ini, Ubuntu, kembali terjadi pada bulan Oktober 2010. Tidak seperti biasanya ketika rilis terjadi pada akhir bulan, kali ini Ubuntu pun terkena sindrom “Lucky 10” dengan merilis versi 10.10 “Maverick Meerkat” pada tanggal 10 Oktober 2010 (10.10.10). Bisa dimaklumi, karena angka keramat sebelumnya 04.04.04 tidak mungkin dicapai karena rilis pertama Ubuntu adalah versi 04.10 pada Oktober 2004 yang lalu.

Mumpung Penulis berada dalam zone koneksi cepat ke mirror Ubuntu (di repo.ugm.ac.id), maka kesempatan untuk bisa melakukan upgrade langsung secara online pun sayang untuk dilewatkan. Sebelumnya, Penulis melakukan hal yang sama saat berada di Jerman untuk meng-upgrade ke versi 09.04. Menuruti prosedur keselamatan komputer, Penulis melakukan upgrade pada hard disk cadangan dengan menukar hard disk utama terlebih dahulu (kedua-duanya terinstalasi Ubuntu 10.04 LTS).

Langkah pertama untuk melakukan upgrade, setelah sukses terkoneksi ke jaringan universitas, adalah mengubah setting Update Manager untuk menunjukkan rilis baru (Show New Distribution Releases) pada Normal Releases dari sebelumnya Long Term Support Releases Only. Update Manager akan menunjukkan peringatan tentang rilis terbaru Ubuntu, dan kita tinggal menekan tombol Upgrade. Prosedur upgrade akan berjalan otomatis, kita tinggal melakukan beberapa langkah konfirmasi (Next, Next, OK, ala Windows) dan menunggu proses mengunduh dan menginstalasi distro baru tersebut. Setelah selesai, kita akan diminta melakukan restart dan voila… Maverick Meerkat telah terpasang dan siap digunakan!

Sebelum melakukan upgrade, disarankan melakukan update untuk versi lama. Proses mengunduh berjalan sangat lancar, padahal harus mengunduh 1154 file sebesar 615 MB, kecuali untuk security updates yang memang disetel untuk langsung mengunduh dari server pusat Ubuntu (security.ubuntu.com) untuk menjamin pembaruan keamanan terbaru langsung bisa terpasang di sistem. Ada 9 paket pembaruan keamanan yang harus diunduh sebesar 41 MB yang membuat upgrade tidak bisa langsung selesai dan harus dilanjutkan hari berikutnya. Akhirnya, saat ini Penulis bisa menggunakan Firefox 3.6.12 di atas Maverick Meerkat untuk memperbarui blog ini.

Kesan pertama menggunakan Maverick Meerkat, tidak jauh berbeda daripada Lucid Lynx. Perbedaan yang lagsung terlihat adalah icon dan font baru yang digunakan dalam tampilan default. Wallpaper dan theme pun masih identik dengan Lucid. Penulis sempat sedikit berkutat dengan setelan modem Smart CDMA, namun tidak terlalu menjadi masalah. Karena hampir semua hardware di laptop Acer Aspire 5050 milik Penulis sudah bekerja dengan baik di versi-versi sebelumnya, maka di versi terbaru ini pun tidak ada maslah berarti yang ditemui. Soft Modem yang memang tidak pernah mampu digunakan pun bisa dilupakan karena sudah ada CDMA modem dari Smart yang bisa digunakan untuk ber-internet sehari-hari.

Singkat kata, upgrade kali ini tidak terlalu signifkan jika Anda sudah menikmati Lucid Lynx, dan Anda bisa dengan aman menunggu versi selanjutnya, 11.04 di bulan April 2011 mendatang.

3 pemikiran pada “Migrasi ke Ubuntu Maverick (10.10)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s