SRWare Iron, Harder than Chrome

Dua tahun terakhir ini, para netter diperkenalkan dengan browser baru buatan Google, yaitu Chrome. Tampilannya yang lain daripada yang lain, serta kecepatan yang mengalahkan browser tercepat di muka bumi (!) membuatnya populer. Hanya dalam waktu dua tahun, penggunaan Google Chrome mencapai 8%, mengalahkan Opera dan Safari.

Namun demikian, di balik keunggulannya, Chrome banyak dikritik oleh para pemerhati masalah privasi web karena terdapatnya usage tracking yang mengirimkan data penggunaan browser kepada Google. Untungnya, karena Chrome adalah open source software (disebut Chromium) yang source code-nya tersedia, maka dengan sedikit skill pemrograman hal-hal yang mengganggu ini bisa disingkirkan.

Iron berjalan di atas Ubuntu Linux 10.04 LTS

Iron berjalan di atas Ubuntu Linux 10.04 LTS

Salah satunya adalah SRWare Iron, yang mematikan fungsi-fungsi usage tracking dan mengompilasi ulang source code Chrome. Iron menjanjikan privasi yang lebih baik dengan tetap mendukung fitur-fitur Chrome seperti theme, extension, dan konfigurasi lain. Iron juga menambahkan adblock secara default dan tersedia untuk Windows, Linux, dan MacOS X. Tentu saja, privasi yang lebih baik di Iron berarti tidak adanya lagi fasilitas suggestion, auto update, dan error reporting yang mungkin bagi sebagian pengguna justru menginginkannya. Nah, pilihan terakhir tetap di tangan Anda!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s