Firefox Terbaru di Ubuntu dengan Ubuntuzilla

Ubuntu adalah distro Linux terpopuler saat ini. Bahkan, banyak yang mencampuradukkan Linux dengan Ubuntu, yang pda kenyataannya Ubuntu hanyalah satu dari ratusan “rasa” Linux. Sejak muncul di akhir tahun 2004, Ubuntu memperkenalkan banyak aturan yang saat ini menjadi trend di antara distro-distro lain, di antaranya rilis terbaru tiap 6 bulan sekali. Setiap rilis (versi) akan didukung dengan pembaruan (update) selama 18 bulan. Selama masa itu, semua paket software tidak akan diperbarui secara drastis, seperti Mozilla Firefox dan OpenOffice.org akan tetap pada versi pada saat rilis meskipun dalam rentang 18 bulan ada rilis versi baru. Sebagai contoh, dalam Ubuntu 9.10 (Karmic Koala), terdapat Mozilla Firefox versi 3.5 dan OpenOffice.org versi 3.1. Saat ini, versi terbaru Firefox adalah 3.63 dan OpenOffice.org versi 3.2. Kita bisa saja mengunduh versi terbaru ini dari situs masing-masing dan memasangnya di Ubuntu versi sekarang ini, namun tentu akan menimbulkan sedikit “komplikasi” dalam sistem, apalagi mengingat Firefox di Ubuntu bukan hanya perambah web, namun bagian dari sistem secara keseluruhan.

Solusi termudah, tentunya adalah meng-upgrade sistem ke rilis terbaru (saat ini: versi 10.04 LTS Lucid Lynx) yang di dalamnya terdapat versi terbaru Firefox dan OpenOffice. Namun, kadang-kadang tidak semudah itu untuk melakukan upgrade. Kebanyakan akan memilih menunggu beberapa saat sampai betul-betul yakin bahwa rilis terbaru ini cukup stabil. Di sisi lain, ada keinginan untuk mencicipi versi terbaru dari Firefox atau OpenOffice.org. Dilema ini, setidaknya untuk Firefox, sekarang dapat diatasi dengan memanfaatkan repositori Ubuntuzilla. Berawal dari sekumpulan skrip Python untuk mengunduh dan memaket ulang rilis terbaru Firefox dalam format .deb, Ubuntuzilla kini melangkah lebih lanjut dengan menyiapkan repositori untuk rilis terakhir Mozilla Firefox, Thunderbird, dan Seamonkey yang dapat dipasang di versi Ubuntu manapun. Jadi, secara teori Anda bisa menggunakan Firefox versi terakhir di Ubuntu versi berapapun. Bahkan, lebih jauh lagi, di distro manapun yang mendukung format .deb (APT).

Bagi pengguna Ubuntu 9.10 (Karmic Koala), untuk dapat menggunakan Ubuntuzilla, cukup dengan mengetikkan perintah-perintah di bawah ini pada terminal:

echo -e  "n deb http://downloads.sourceforge.net/project/ubuntuzilla/mozilla/apt  all main" | sudo tee -a /etc/apt/sources.list > /dev/null

sudo apt-key adv --recv-keys --keyserver keyserver.ubuntu.com C1289A29

Yang dilanjutkan dengan mengupdate basis data paket:

sudo apt-get update

Untuk memasang Firefox, Thunderbird, atau Seamonkey versi terbaru gunakan perintah apt-get install seperti di bawah ini:

sudo apt-get install firefox-mozilla-build
sudo apt-get install thunderbird-mozilla-build
sudo apt-get install seamonkey-mozilla-build

Setelah terpasang, tutup Firefox lama (jika sedang digunakan), dan buka ulang lewat menu, dan jika muncul tampilan cek kompatibilitas add-on, maka Firefox Anda telah terbarui. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat pada situs Ubuntuzilla di Sourceforge.net. Selamat Mencoba!

UPDATE (22-03-2011):
Dalam pemberitahuan terbaru di forum resminya, repositori UbuntuZilla telah mengakhiri kegiatannya terhitung bulan April 2011 (akhir support Ubuntu Karmic 9.10). Alasan utamanya adalah karena repositori resmi Ubuntu akhir-akhir ini telah memperbaiki siklus update software Mozilla (Firefox, Thunderbird, SeaMonkey) sehingga tidak dibutuhkan lagi repositori tambahan seperti UbuntuZilla,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s