Back… for Good

Akhirnya, setelah berjuang selama seminggu, Penulis berhasil mengembalikan dua situs utama, Planet IIP dan ad-12 Labs kembali online. Setelah bermasalah dengan dua layanan hosting tempat bersemayam kedua situs itu, Penulis akhirnya memutuskan untuk menyatukan keduanya dalam satu layanan hosting baru (tapi lama gak kepakai). Setelah berkali-kali didepak dari layanan hosting dan pengalaman di-hacked di layanan yang lain, semoga saja layanan yang sekarang ini lebih panjang umurnya… amin. Alamat untuk Planet IIP tetap (prayudi.web.id), sedangkan ad-12 Labs yang memang hanya menggunakan subdomain di layanan lama, kali ini pindah menggunakan subdomain ad-12.co.cc yang juga gratis. Maklumlah, status pengangguran sudah dijalani dua tahun terakhir ini.

Migrasi PLanet IIP relatif mudah, karena pada dasarnya hanya aggregator, sedangkan untuk ad-12 Labs sempat mengalami perjuangan yang mengasyikkan, mengingat harus melakukan upgrade dari Mambo verso 4.5.5 ke versi 4.6.5. Secara umum, semua content sudah terpindahkan dan bisa diakses, tinggal membersihkan sisa-sisa sampah pengaya (add-on) di sana-sini. Semula terpikir untuk sekalian memindahkan blog ini ke lokasi yang sama, namun uji coba menggunakan WordPress 2.9.2 ternyata gagal, materi berhasil dipindahkan dan bisa diakses, namun tidak bisa diedit, juga untuk pernik (widget) di sisi kanan (sidebar) juga tidak bisa diedit dari modus administator, sehingga rencana migrasi pun dibatalkan. Satu lagi, materi dari blog Quick and Dirty Website (prayudi.blogzor.com) yang penyedia layanannya gulung tikar awal tahun 2010 masih dalam proses migrasi, meskipun mungkin tidak bisa 100% karena versi terakhir (akhir tahun 2009) belum di-backup (damn!). Yah, begini nasib barang gratisan.

UPDATE (08-03-2010):

Sebagian materi blog Quick and Dirty Website berhasil dipulihkan ke alamat http://blog.ad-12.co.cc berkat bantuan Internet Wayback Machine. Content yang masih tersimpan adalah sampai akhir tahun 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s