IGOS Membuat Indonesia Terancam Sanksi AS?

Indonesia telah mencanangkan program IGOS (Indonesia, Go Open Source!) sejak tahun 2004. Program ini menganjurkan instansi pemerintah untuk menggunakan perangkat lunak Free/Open Source (FOSS). Gerakan ini dimaksudkan untuk mengurangi tingkat pembajakan perangkat lunak, menghemat pengeluaran, dan membebaskan ketergantungan pada vendor tertentu. Telah banyak pemerintah negara di dunia melakukan kebijakan yang sama seprri India, Brazil, dan beberapa negara Eropa sudah menganjurkan penggunaan format dokumen terbuka.

Siapa sangka, kebijakan itu diam-diam memicu reaksi di kalangan industri perangkat lunak AS. Organisasi IIPA (The International Intellectual Property Alliance) yang menaungi organisasi seperti RIAA dan MPAA dan mencakup juga software konon melobi pemerintah AS untuk memasukkan Indonesia ke dalam “Daftar 301” sebagai negara yang kurang melindungi hak kekayaan intelektual. Menariknya, latar belakang lobi ini adalah kebijakan pemerintah yang menganjurkan penggunaan FOSS di instansi pemerintah. Dengan demikian, Indonesia dianggap tidak melindungi HaKI dan melemahkan industri perangkat lunak karena menyarankan penggunakan FOSS. Apakah ini berarti open source tidak menghargai HaKI? Karena open source juga menggunakan hukum hak cipta untuk melindungi perangkat lunak. Setiap perangkat lunak open source selalu menyertakan lisensi, apakah itu GPL, BSD, Apache, MIT, atau LGPL.

Dalam rekomendasinya, IITA menyatakan bahwa kebijakan pemerintah Indonesia menghalangi instansi pemerintah memeilih solusi terbaik yang ada, menganakemaskan perusahaan yang menawarkan FOSS, sehingga tidak menghargai HaKI. Sementara itu, tidak bisa diabaikan bahwa perusahaan seperti Red Hat dan Novell, yang mengandalkan FOSS, juga dapat tumbuh dengan baik dan menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s