We Go Down…!

Suka duka mengelola situs web/blog, apalagi yang gratisan, memang sudah menjadi rutinitas Penulis selama 10 tahun terakhir ini. Sejak situs karya Penulis pertama kali online di internet, Lawnosta Online, disusul situs pribadi penulis di GeoCities, dan seterusnya. Kelemahan terbesar situs gratis adalah tidak adanya jaminan kelangsungan hidup penyedianya, selain iklan yang kadang-kadang tidak masuk akal ukuran dan penempatannya.

Dimulai saat Yahoo! menutup layanan GeoCities (Free) akhir tahun 2009. Awal tahun ini BlogZor juga menyusul (tanpa pemberitahuan), membawa seluruh kontennya tanpa bekas. Bulan ini, tiba-tiba domain prayudi.web.id tidak bisa diakses, lagi-lagi tanpa pemberitahuan, membawa konten dan e-mail hilang tanpa bekas. Masalah di prayudi.freecoolsite.com lain lagi. Setelah di-hack untuk kesekian kalinya, Penulis mencoba mengganti password. Celakanya, karena terlalu rumit (dan sesuai yang disarankan), password itu ‘terlupakan’ dan celakanya lagi, layanan pengingat password juga gagal mengirimkan password ke alamat e-mail Penulis. Sementara, situs web yag bersangkutan masih dalam kondisi di-hack, dan tanpa password Penulis mustahil dapat memperbaikinya.

Yes, We go down, completely down. Sementara ini Penulis tengah mempertimbangkan untuk membangun ulang semua situs dan konten yang pernah dipublikasikan ke internet (sesuai backup yang tersedia). Sementara sudah disiapkan placeholder di http://ad-12.co.cc. Di sisi lain, belum ada kemampuan untuk menggunakan layanan berbayar. Belum lagi, tuntutan untuk menyelesaikan thesis semakin mendekati deadline. Semoga saja, semua bisa terselesaikan dalam waktu dekat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s