ReoCities: Rebuild of GeoCities

Setelah gonjang-ganjing seputar ditutupnya layanan GeoCities (Free) oleh Yahoo! beberapa waktu lalu, baru-baru ini Penulis dikejutkan dengan munculnya kembali situs lama Penulis yang dulu berada di GeoCities, hanya kali ini berpindah tempat di alamat baru, ReoCities. Saat seorang kolektor prangko dari Belanda mengirim e-mail ke Penulis, beliau menyatakan bahwa telah membaca tentang topik filateli di halaman Penulis di reocities. Mula-mula Penulis mengira beliau salah ketik, dari geocities ke reocities. Namun, setelah dipikir-pikir, GeoCities telah ditutup akhir tahun 2009, sedangkan e-mail itu baru kemarin, dan tentunya situs itu pun baru-baru saja diakses.

Hari ini Penulis iseng-iseng menggunakan Google untuk melacak keberadaan situs lama Penulis, dan… voila, ternyata reocities benar-benar ada! Tentu saja, alamat web berubah, karena dulu menggunakan id Yahoo! Penulis, sekarang kembali ke format lama GeoCities, plus perubahan nama domain ke reocities. Ternyata, ReoCities adalah proyek serupa Web Archive, namun khusus mengarsipkan situs-situs di GeoCities. Pengembang situs ini menganggap GeoCities sebagai monumen web yang berharga danperlu dilestarikan, dan penutupannya oleh Yahoo! disamakan dengan pemusnahan situs-situs bersejarah di Afghanistan oleh tentara Taliban, dengan alasan agama.

Tentu saja, karena sifatnya arsip, maka halaman-halaman yang ada tidak bisa diedit, ditambah, atau dihapus. Satu-satunya yang berubah adalah alamat URI dari geocities ke reocities. Bagi pemilik situs di GeoCities, diharapkan untuk menandatangani petisi yang ada di situs ini, agar Yahoo! mengembalikan arsip GeoCities bisa diakses secara online kembali. Ikuti juga kronologi pengarsipan GeoCities ke ReoCities (dalam Bahasa Inggris)

UPDATE:

Saat Penulis melanjutkan eksplorasi, ternyata ada situs lain yang mengarsipkan situs-situs eks GeoCities, yaitu OoCities. Hebatnya, oocities mempertahankan URI dengan id Yahoo! sehingga situs lama Penulis bisa diakses dengan alamat baru http://oocities.com/imamindrap.

Dari wikipedia, didapatkan alamat GeoCities.ws, yang juga mengarsipkan situs-situs GeoCities. Dengan mendaftarkan diri di situs ini (gratis!), Anda bahkan bisa mengedit situs GeoCities Anda!. Satu situs lagi yang melakukan hal serupa dalah GeoCiti.es.

Sejauh ini, situs lama Penulis sudah diarsipkan di ReoCities, OoCities, dan GeoCities.ws, sedangkan di GeoCiti.es tidak/belum bisa diakses. Selain itu, pengarsipan GeoCities juga dilakukan oleh Internet Wayback Machine dan GeoHaven.

Satu pemikiran pada “ReoCities: Rebuild of GeoCities

  1. Ping balik: Sorry, GeoCities has closed. « Biar sejarah yang bicara ……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s