AdBlock Plus vs NoScript

Para pengguna browser Firefox tentunya mengenal ekstension AdBlock Plus, yang merupakan addon untuk memblokir tampilan iklan pada situs web yang sedang dikunjungi. Salah satu kegunaan terbesar ekstension ini adalah membuat situs detik.com tampak lebih manusiawi…🙂. Extension ini bekerja dengan menggunakan daftar hitam (blacklist) yang disebut filterset, yang di dalamnya memuat nama situs, server, dan URI yang berpotensi menampilkan iklan.

Di lain sisi kita juga mengenal extension NoScript, yang mengeblok script, terutama Java, JavaScript, dan Flash pada situs web yang sedang dikunjungi. Dengan kemampuan ini, NoScript juga mampu menahan serangan script berbahaya yang ditanamkan pada situs web tertentu.

Masalah terjadi saat situs NoScript memuat iklan yang oleh pemiliknya diusahakan untuk tetap terlihat walau pengunjungnya menggunakan AdBlock Plus. Sementara AdBlock Plus juga menyediakan whitelist untuk menampilkan iklan pada situs-situs tertentu, pembuat NoScript menginginkan iklannya selalu terlihat dengan memodifikasi instalasi AdBlock Plus pada browser. Untuk beberapa saat, pembuat kedua ekstensi ini saling ‘bertarung’ untuk mempertahankan posisi masing-masing. Sampai akhirnya Mozilla Foundation turut campur dengan mengeluarkan aturan baru yang melarang pembuat ekstensi memodifikasi instalasi ekstensi lain. Versi terbaru NoScript pun dirilis untuk mematuhi aturan baru ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s