The End of Encarta

Encarta adalah ensiklopedia elektronik populer yang dikembangkan oleh Microsoft. Perkembangan PC multimedia di pertengahan 90-an menjadikan Encarta sebagai ensiklopedia populer, menyaingi reputasi ensiklopedia cetak seperti Britannica dan Americana. Namun, tahun ini Encarta akan berakhir riwayatnya. Microsoft telah mengumumkan penghentian penjualan Encarta mulai 31 Maret 2009, update dan situs Encarta akan berakhir bulan Oktober 2009, kecuali Encarta Japan yang baru berakhir bulan Desember 2009.Microsoft juga akan mengembalikan uang yang telah dibayarkan para pelanggan layanan MSN Encarta Premium.

Meskipun tidak disebutkan secara eksplisit, diperkirakan kehadiran Wikipedia telah membuat Encarta kehilangan sebagian besar penggunanya. Di lain pihak, versi online Encarta juga tidak menarik banyak pengguna. Karena content Encarta tertutup bagi umum, hasil pencarian di Google otomatis akan menempatkan Wikipedia di urutan teratas pencarian. Jika dulu Encarta membuat ensiklopedia cetak berguguran, kini nasib yang sama diterima Encarta dari ensiklopedia online, utamanya Wikipedia.

2 pemikiran pada “The End of Encarta

  1. wah…kepada encarta semoga mendapat tempat yg layak deh…apapun itu, encarta sempet berjasa selama masa kuliah, tempat nyari referensi sebelum nongol wikipedia…harus diakui sistem penyajian, interaksi menu dan link2nya bagus…sesuatu yg bisa dijadikan inspirasi bagi ensiklopedi lain..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s