VideoCacheView: Cara Baru Mengunduh Video dari Internet

YouTube telah mengubah cara kita menikmati hiburan dari internet. Tak ada lagi keperluan mengunduh player atau codec yang sesuai untuk melihat video di situs web. Yang Anda butuhkan hanyalah Adobe Flash Player yang kemungkinan besar sudah terpasang di komputer Anda. Kalaulah perlu mengunduh, Adobe Flash Player versi terakhir hanyalah 1 Megabyte-an. File video akan langsung dimainkan di browser web Anda, tentunya dengan sedikit kesabaran jika koneksi internet kurang mendukung.

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah: Dapatkah kita menyimpan klip video yang telah dimainkan di YouTube? Jawabnya, tentu dapat. Caranya? Ada beberapa cara. Yang paling konservatif adalah memeriksa cache browser. File video YouTube yang berformat flv (Flash Video) terlebih dahulu diunduh oleh browser dan disimpan dalam cache untuk kemudian dimainkan. Untuk browser Internet Explorer, cachenya terletak di c:Documents and Settings{namauser}Local SettingsTemporary Internet Files, sedangkan Mozilla Firefox di c:Documents and Settings{namauser}Local SettingsApplication DataMozillaFirefoxProfiles{random}cache. Dalam folder cache ini nama filenya diacak tanpa extension. Jadi, biasanya kita menebak dengan memilih file dengan besar beberapa MB dengan date modified terakhir. File itu disalin dan ditambahi namanya dengan ekstensi .flv. Lalu, coba mainkan file itu dengan media player yang mendukung flv, misalnya FLV Player atau VLC Media Player.

Cara lain yang lebih mudah adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Penulis dulu sering menggunakan plugin untuk browser web Firefox. Beberapa yang pernah dicoba antara lain VideoDownloader dan DownloadHelper. Namun, keduanya ternyata sering gagal menjalankan tugas, sehingga cara manual di atas sering harus dilakukan. Cara di atas mungkin efektif, namun kurang efisien (TI abisss…). Sampai Penulis menemukan aplikasi VideoCacheView dari Nirsoft. Aplikasi ini mempersingkat prosedur manual di atas dengan mengorek-ngorek isi cache browser dan hanya menampilkan yang bertipe video. Dari beberapa alternatif yang muncul, kita tinggal menyimpan salah satu yang mungkin cocok dengan yang kita cari.

Tampilan Aplikasi VideoCacheView

Tampilan Aplikasi VideoCacheView

Menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Setelah mengunduh dan memasang, aplikasi ini siap digunakan. Setelah selesai memainkan satu video di YouTube, jalankan aplikasi ini. Secara otomatis, aplikasi akan menampilkan daftar file yang dicurigai sebagai file video yang baru selesai dimainkan. Menurut pengalaman Penulis, biasanya file yang dimaksud berada di paling bawah dengan nama flaxx.tmp. Kita tinggal mengklik nama file lalu memilih tombol kedua (Copy Selected Files to…), atau dengan klik kanan lalu memilih opsi Copy Selected Files to… atau langsung menekan tombol F7. Apabila ragu-ragu, file bisa diperiksa dulu dengan memainkannya pada player default.

Jika Anda memainkan video lain, tinggal tekan tombol refresh untuk menampilkan file video yang baru. VideoCacheView mendukung Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan Google Chrome. Untuk layanan video selain YouTube, Penulis belum mencoba namun jika prinsipnya serupa maka VideoCacheView juga bisa digunakan.

 

3 pemikiran pada “VideoCacheView: Cara Baru Mengunduh Video dari Internet

  1. Ping balik: » » VideoCacheView: Cara Baru Mengunduh Video dari Internet ad-12 Labs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s