Mengubah Theme Windows XP

Tidak seperti versi sebelumnya, mengubah theme Windows XP tidak semudah mengunduh dan memasang. Microsoft merancang Windows XP untuk menolak theme yang tidak ditandatangani oleh Microsoft. Jika dipaksakan, maka style  Windows XP akan kembali ke tampilan Classic (ala Windows 95/98/Me/2000).

Banyak cara dilakukan untuk mengakalinya, karena biang keladinya hanyalah satu file bernama uxtheme.dll. Maka, solusinya adalah menambal file ini agar bisa menerima theme selain keluaran Microsoft. Beberapa program patcher tersedia di internet, tersedia untuk berbagai versi Windows XP, termasuk SP1-SP3. Beberapa aplikasi komersial juga tersedia, seperti StyleXP dan WindowsBlind. Tentunya cara-cara ini dicapai dengan pengorbanan sumberdaya komputer.

Cara lain yang lebih aman adalah dengan mencari theme yang resmi dari Microsoft. Jumlahnya memang tidak banyak, namun jika Anda tidak terlalu suka mengganti-ganti tampilan dan masih sayang sumberdaya komputer, opsi ini bisa menjadi alternatif selain tiga theme bawaan Windows XP.

Beberapa theme ‘resmi’ Microsoft untuk Windows XP yang berhasil dikumpulkan penulis adalah:

  1. Royale Noir: theme ini tidak pernah dirilis oleh Microsoft. Sebenarnya, Royale Noir hanyalah variasi skema warna theme Royale yang dibuat untuk WIndows Media Center Edition dengan warna hitam. Namun, pada rilis resmi Royale, skema warna ini ditinggalkan, dan akhirnya dimodifikasi menjadi theme Zune.
  2. Royale: adalah theme resmi untuk WIndows Media Center Edition. Terlihat mirip dengan theme standar Windows XP dengan efek 3-D dan warna yang lebih menyala.
  3. Nile: theme ini hanya menawarkan icon, wallpaper, dan screensaver bertema Mesir, tidak ada skema warna baru.
    Microsoft Egypt Nile Theme
  4. Zune: adalah theme untuk mempromosikan produk mp3 player Zune dari Microsoft. Warna dominannya hitam dengan dua ukuran wallpaper, normal dan layar lebar (widescreen).
  5. Windows Embedded: diekstrak dari Windows Embedded CTP Standard, theme ini dominan warna biru muda.
    Windows Emmbedded Theme

Sebenarnya,masih banyak theme resmi lain dari Microsoft, namun untuk mengunduhnya komputer Anda harus lolos ujian WGA (Windows Genuine Advantage) terlebih dahulu. Lima theme di atas bisa dinikmati oleh pengguna Windows XP versi apapun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s