ubuntu-restricted-extras

Masalah terbesar pengguna Ubuntu, dan kebanyakan distro linux mainstream lainnya adalah hal-hal sepele seperti: mp3, DVD, Flash yang tidak tersedia ‘out-of-the-box’. Sebenarnya, kemampuan untuk itu ada di Linux, namun karena masalah paten dan lisensi (di beberapa negara seperti Amerika Serikat), membuat fitur itu tidak dapat disertakan dalam paket instalasi standar. Beberapa distro yang menyertakan fitur itu biasanya adalah distro kecil yang dikeluarakan perorangan, yang tidak terlau khawatir akan kemungkinan tuntutan hukum.

Para pembuat distro mainstream bukannya tidak menyadari hal ini. Komunitas pun telah lama menyiasati hal ini dengan membuat paket dan repositori tambahan di luar repositori resmi. Namun, menambahkan repositori bukanlah hal yang terlalu menyenangkan juga. Pengguna ubuntu, misalnya, mengenal repositori EasyUbuntu, Automatix, dan MediBuntu.

Bagi pengguna ubuntu, mulai versi 7.04 (Feisty Fawn) telah tersedia cara yang lebih menyenangkan untuk mendapatkan kemampuan multimedia yaitu dengan metapaket ubuntu-restricted-extras. Paket ini mencakup: codec mp3, DVD, Windows Media, Flash plugin, Java JRE Plugin, unrar, dan paket font true type. Pengguna tinggal mengaktifkan repositori multiverse untuk menginstal paket ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s