Sekilas tentang Nama Domain

Bagaimana cara punya web sendiri? sebenarnya segampang mendaftarkan diri di situs pertemanan seperti Friendster, Multiply, atau MySpace. Bagi yang sudah punya e-mail gratis di Yahoo!, MSN, atau Google (Gmail), bisa langsung membuat situs pribadi di 360, Windows Live Spaces, atau Blogger. Tak sampai satu jam, situs sudah siap (tergantung kecepatan koneksi).

Satu hal yang harus diingat bahwa nama domain (www.namamu.com) tidak berhubungan dengan situs web itu sendiri. Mendaftarkan nama domain lain dengan membuat situs web. Tidak ada jalan lain untuk mempunyai nama domain yang keren dan tidak berbelit-belit (http://www.sub.domain.com/ditambah/belakangnyalagi dibandingkan http://www.domainsaya.com) selain mendaftarkan diri melalui registrar, alias agen pendaftaran domain terdekat.

Domain tingkat pertama (.com, .net, .org, .biz, .info etc) bersifat global dan terbuka untuk seluruh dunia. Untuk mendaftarkan nama domain tersebut, bisa mencoba mendaftar ke ISP/web hosting provider dengan biaya tertentu (sekitar 100 ribuan per tahunnya). Sedangkan domain negara (.id) dapat didaftarkan ke Kominfo (https://register.net.id) dan sementara ini masih gratis. Untuk bisa mendaftarkan domain, kita harus mempunyai DNS server, yang syukurnya ada yang gratisan (http://freedns.afraid.org).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s