FAQ: Jadi, Website Jenis Apa yang Sebaiknya Saya Buat?

Itu sepenuhnya bergantung pada tujuan Anda membuat website, dalam lingkup yang lebih luas, website (atau web presence), tidak terbatas pada situs, cms, atau blog, namun bisa juga berarti memajang profil Anda di situs ‘pergaulan’ (Friendster, Multiply, MySpace), menggelar koleksi foto Anda di Flickr (dan sejenisnya). Berikut ini hal-hal yang harus dipertimbangkan :

  1. Untuk membuat sebuah situs, yang terpenting adalah content (materi). Anda tidak bisa membuat blog tanpa isi (jadinya terlalu menggelikan), jika Anda tidak punya content Anda cukup memajang profil Anda di Friendster dan mengumumkan URL yang Anda dapat sebagai ‘situs’ Anda.
  2. Content di sini lebih dititikberatkan pada materi tertulis (artikel, tutorial), untuk materi multimedia (gambar, video, lagu) ada beberapa situs yang memungkinkan Anda memajangnya dengan cepat. Mengapa material multimedia dinomorduakan? karena tidak semua hosting menerima (dengan alasan hak cipta), membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, dan butuh usaha ekstra untuk mengeset tampilannya (membuat thumbnail, mengeset plugin, mengolah file gambar).
  3. Umumnya, situs ‘pergaulan’ seperti Friendster, Multiply, dan MySpace menyediakan fasilitas untuk semua content, sehingga Anda tinggal upload dan memberi keterangan (judul, deskripsi). Sebenarnya Anda tidak memerlukan setup situs tersendiri. Kendalanya barangkali, URL yang didapat kurang ‘menjual’, namun bisa diatasi dengan menggunakan redirect URL atau membeli nama domain sendiri. Beberapa layanan redirect yang cukup meyakinkan adalah: freedomain.co.nr (highly recommended) ,dot.tk, dan cjb.net.
  4. Jangan sekali-kali membuat blog atau situs jika tidak berniat menulis atau setidaknya berniat untuk belajar menulis. Blog bisa digunakan untuk apapun mulai buku harian sampai menulis buku sungguhan. Beranikan diri untuk menulis di blog, karena itu milik Anda dan tidak bisa diganggu gugat orang lain (kecuali Anda merujuk sumber lain). Anda bisa memulai membuat blog menggunakan Friendster atau Multiply. Enaknya, setiap kontak (friend) akan mendapat alert saat Anda mengupdate blog Anda.
  5. Beberapa layanan blog, situs ‘pergaulan’, redirecting dan hosting (situs web) gratis mewajibkan pemasangan iklan, dalam berbagai format (popup, popunder, banner, frame) dan ada juga yang tidak mewajibkan atau malah tidak ada iklan sama sekali. Pertimbangkan baik-baik karena kadang-kadang berhubungan dengan kelangsungan penyelengara jasa tersebut. Jangan sampai content yang Anda buat dengan susah payah hilang bersama dengan penyelenggara layanannya.
  6. Beberapa situs yang Penulis sarankan untuk memulai :
    • Situs Pergaulan: Friendster (profil, blog, foto, video), Multiply (blog, foto, lagu, video)
    • Blog gratis: WordPress.com, BlogZor, Blogger, LiveJournal, Blogsome
    • Hosting gratis (statik): FreeServers, Geocities
    • Hosting gratis (PHP/MySQL): 100Website, Pandela
    • Hosting berbayar (juga pendaftaran domain): Masterwebnet, ICT Hosting, Cybercoral, Singcat
    • Redirect Domain: freedomain.co.nr, dot.tk, cjb.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s