FAQ: CMS, Mengapa Dibutuhkan dalam Pembuatan Website?

CMS (Content Management System) adalah sistem perangkat lunak komputer untuk mengorganisasi dan memfasilitasi pembuatan dokumen dan content lain secara kolaboratif (wikipedia). CMS biasanya berupa aplikasi web yang digunakan untuk mengatur situs web dan web content. Dalam konteks ini, web CMS adalah paket untuk mempermudah pembuatan dan pengelolaan situs web.

Kita tidak harus menggunakan web CMS untuk membuat situs web, kita bisa dengan mudah membangun situs web menggunakan perangkat lunak desain web (Dreamweaver, MS FrontPage), editor grafis (Fireworks, Photoshop+ImageReady), atau pengolah kata (MS Word, OpenOffice). Namun situs web yang dihasilkan (biasa disebut situs web statik) akan sulit dikelola. Untuk mengganti tampilan atau mengubah content diperlukan keterampilan khusus, dan jika situs dikerjakan oleh pihak ketiga, maka hanya pembuatnya yang mampu menangani secara cepat. Web CMS (situs web dinamik) menjawab kesulitan itu dengan memisahkan content dan tampilan, menggunakan engine untuk mengelola situs hanya dengan menggunakan browser web, dan menggunakan database untuk menyimpan content sehingga lebih mudah dikelola.

Tentu saja, semua keunggulan itu harus dibayar dengan kebutuhan sumber daya yang lebih besar. Web CMS membutuhkan server web dengan kemampuan menjalankan server-side scripting. anda tentu mengenal istilah PHP, ASP, Java (JSP/JSF), Perl, Python, dan Ruby yang merupakan bahasa pemrograman yang umum digunakan untuk membuat web CMS. Selain itu, kebanyakan web CMS membutuhkan server database, seperti MySQL, PostgreSQL, atau MS SQL Server. Beberapa CMS bisa menggunakan database embedded seperti SQLite atau HSQL, ada juga yang cukup menggunakan textfile biasa.

Web CMS yang populer biasanya menggunakan PHP dan MySQL, yang didukung oleh sebagian besar server web dan hosting di seluruh dunia. Hampir semua hosting web menyediakan layanan PHP dan MySQL, mulai yang gratis sampai yang berbayar. Terlepas dari faktor teknis, penggunaan web CMS berbasis PHP dan MySQl bisa dikatakan paling aman karena komunitas yang luas serta ketersediaan sumber daya yang memadai.

Satu pemikiran pada “FAQ: CMS, Mengapa Dibutuhkan dalam Pembuatan Website?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s