FAQ: Bagaimana Memulai Pembuatan Website?

Setelah kita tahu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website sampai bisa diakses menggunakan browser, kit akan mulai membuat website. Yang harus dipikirkan pertama adalah nama (seriously), karena berkaitan dengan pemilihan nama domain, yang akan berhubungan dengan pemilihan registrar (pendaftar) domain dan pemilihan hosting web. Biasanya, penyedia layanan hosting web juga menyediakan layanan pendaftaran nama domain, selain memudahkan setting kadang-kadang harga paket domain dan hosting jatuhnya lebih murah daripada membeli secara terpisah. Tentu saja jika kita ingin menggunakan layanan hosting gratis akan lain masalahnya. Layanan gratis biasanya hanya menyediakan subdomain dan halaman web anda akan dipasangi iklan. Memang ada layanan hosting gratis yang tanpa iklan, namun biasanya ada catch-nya, antara lain: Anda harus punya domain sendiri (yang tidak gratis), atau situs Anda harus dalam bahasa tertentu (bukan bahasa Indonesia tentunya), atau Anda harus mengirim beberapa posting di forum penyedia hosting gratis setiap bulannya (biasanya di atas10 posting), dan yang terakhir, layanan gratis tanpa iklan ini agak sulit di-approve, dan reliabilitasnya kurang. Sejauh ini Penulis sedang mencoba layanan Pandela.com yang menyediakan hosting gratis 100 MB, PHP, MySQL, domain hosting, dan tanpa iklan. Sebelum mendaftarkan nama domain, Anda harus mengecek ketersediaannya lebih dulu, gunakan http://www.internic.net/whois.html untuk TLD (.com) atau https://register.net.id (.id).

Di sisi lain, kita juga harus mempersiapkan content, berupa softcopy teks dan gambar dalam format teks ASCII (plain text) atau HTML, format gambar GIF, JPEG, atau PNG. Kita juga menentukan engine website, statik atau dinamik. Website statik hanya mengandalkan HTML, mudah dibuat tapi susah dikelola. Ada juga website Flash, yang lebih susah dibuat dan lebih susah lagi dikelola. Website dinamik, lebih susah dibanding statik HTML, namun lebih mudah dikelola karena menggunakan database. Blog adalah contoh website dinamik. Website dnamik masa kini dikenal juga dengan nama CMS (Content Management System), yang dibuat dengan bahasa pemrograman. Bagi yang tidak menguasai pemrograman (seperti Penulis), tersedia puluhan CMS siap pakai, yang sebagian besar gratis. Sebagian besar dari CMS gratis menggunakan bahasa pemrograman PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) dan database MySQL. Beberapa CMS yang populer di antaranya Mambo, Joomla!, Drupal, PHP Nuke, WordPress, dan TextPattern. Untuk memasang (setup) CMS membutuhkan keterampilan tersendiri meliputi upload file, ekstraksi file, setting database, dan dalam beberapa kasus mengedit file konfigurasi secara manual. Namun demikian, beberapa layanan hosting menyediakan alat bantu yang bernama Fantastico, yang membuat instalasi CMS sangat mudah. Kita tinggal memilih CMS (terdapat belasan pilihan), menentukan target instalasi, mengisi nama user dan password, Fantastico akan membereskan sisanya.

Jadi kesimpulannya, untuk membuat situs secara quick and dirty, Anda tinggal memilih layanan web hosting yang menyediakan fasilitas Fantastico, daftarkan nama domain Anda di tempat yang sama, setelah nama domain Anda aktif, gunakan Fantastico untuk memasang CMS pilihan Anda, dan situs Anda pun telah siap diakses. Anda tinggal mengisikan data-data tambahan dan menyesuaikan tampilan (template), yang akan dibahas kemudian.

Satu pemikiran pada “FAQ: Bagaimana Memulai Pembuatan Website?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s