FAQ: Apa yang Dibutuhkan untuk Membuat Website?

Secara umum, sekarang ini sangat mudah untuk membuat website dalam pengertian yang luas. Apabila Anda sudah biasa mengakses internet menggunakan browser dan bisa mendaftar serta menggunakan e-mail berbasis web, maka Anda bisa membuat website sendiri. Layanan website gratis dalam bentuk blog banyak ditawarkan, bahkan dipaket dengan layanan komunitas, photo sharing, buletin board, dan lain-lain. Blog dapat dianggap sebagai format website pribadi yang sederhana. Kalau Anda bisa mendaftar e-mail gratis, Anda pasti bisa mendaftar Blog. Menulis blog sama dengan menulis e-mail, ketik judul, ketik isi, lalu klik kirim, dan akan terpublikasi di internet.

Secara umum, ada tiga komponen dalam sebuah website:

  1. Content, atau isi (teks, gambar, animasi, video).
  2. Engine situs, yaitu kode-kode pemrograman yang membentuk tampilan website. Engine ini dibagi dua, frontend (tampilan situs secara fisik: format huruf, gambar, dan warna) dan backend (yang menjalankan proses interaktif, seperti form/comment). Umumnya, situs web sekarang menggunakan CMS (Content Management System), yang memisahkan antara frontend dan backend. CMS memungkinkan situs yang dinamis dan mudah diupdate. CMS yang populer menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL seperti: PHP Nuke, PostNuke, Mambo, Joomla!, Drupal, WordPress.
  3. Hosting web, yaitu server web yang terhubung ke internet yang memuat kedua komponen di atas. Hosting ini ada yang gratis, ada yang membayar. Hosting gratis punya batasan-batasan seperti: besar spasi hardisk, iklan, teknologi engine (PHP, MySQL, ASP, JSP).

Komponen lain yang tidak kalah penting adalah nama domain, yang memungkinkan situs web dapat diakses dengan mudah. Nama domain ada yang berupa TLD (Top Level Domain) seperti: .com, .net, .org, .info dan ada yang berupa Country Code TLD (ccTLD) (Indonesia=.id, .co.id, .net.id, .or.id, .web.id). Nama domain TLD harus membayar ke registrar, sedangkan .id untuk sementara gratis dengan syarat-syarat tertentu (https://register.net.id).

Hubungan antara keempatnya dapat digambarkan sebagai berikut: content dibungkus oleh engine menjadi tampilan situs web, yang disimpan dalam server web. Nama domain akan mengarahkan pengakses ke server web yang memuat situs web yang dimaksud.

2 pemikiran pada “FAQ: Apa yang Dibutuhkan untuk Membuat Website?

  1. Membuat webpage menggunakan notepad bisa dilakukan dengan menuliskan langsung content lengkap dengan HTML tag-nya, lalu di-save sebagai file dengan ekstensi .html (type: all file). Lalu upload file tersebut ke web hosting (GeoCities, Freeservers, Tripod, dll). Silakan hubungi via e-mail untuk keterangan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s