There’s Always Be a First Time for Everyone…

Di kantor yang baru, mempelajari Java adalah kewajiban. Pertama masuk, langsung disuruhjadi asisten pelatihan Java Web Service di Departemen Perhubungan selama dua minggu (!). Hari-hari pertama masih sekitar soal instalasi Java SDK, Eclipse, Tomcat, lama-lama merambat ke JDBC, JSP, Servlet, Hibernate, Velocity, WebWork, cukup untuk memaksa Penulis berubah dari asisten menjadi peserta.

Kembali ke kantor, tugas pertama adalah instalasi Asterisk@Home yang sudah berupa 1 distro (berbasis CentOS). Ternyata menggunakan distro ini otomatis menghapus seluruh partisi hardisk (setting server). Padahal harddisk di PC 40 GB, cuma kepake 2 GB. Keesokan harinya coba dipartisi ulang dengan Partition Manager menggunakan CD Boot. Hasilnya, Asterisk@Home tidak bisa booting. Sementara tetap menggunakan distro Asterisk@Home berarti harus hidup dengan command prompt (tidak disertakan GUI, bahkan Xserver juga tidak ada). Sebenarnya bisa diupdate dari internet pake yum, namun di Indonesia belum ada mirror CentOS, dan Penulis belum berani menguras bandwidth kantor untuk update distro dari luar negeri. Akhirnya, Penulis menemukan CD distro CentOS 4.1 di meja kerja, sayangnya distro Asterisk@Home menggunakan CentOS 4.2. Akhirnya, PC diinstal ulang dengan CD CentOS 4.1 baru diinstal Asterisk@Home (manual).

Masalah berikutnya datang saat harus instalasi Java (Sun JDK 1.5). Setelah download dan instalasi JDK1.5 dalam bentuk RPM, ternyata baru diketahui CentOS sudah menyertakan GIJ sebagai JVM default. Akhirnya, setelah menanyakan pada Mr.Google, ketemu link ini. Alhasil, sekarang Penulis sudah bisa menikmati PC dengan CentOS 4.1, desktop Gnome, Java 1.5, Eclipse-WTP 1.0, Asterisk@Home, dan Wildfire.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s