Memento

Nasib jadi pengangguran, jadi banyak waktu untuk melakukan banyak hal, kecuali bekerja. Setelah menghabiskan hari terakhir kerja dengan menyerbu Glodok dan menghabiskan 100 ribu untuk memborong 30 keping CD/DVD, hari-hari berikutnya dihabiskan untuk menonton satu per satu. Salah satu film yang berhasil ditonton adalah Memento, sebuah produksi tahun 2001 karya sutradara Christopher Nolan (yang juga menyutradarai Batman Begins), dan dibintangi Guy Pearce, Carrie-Ann Moss, dan Joe Pantoliano (dua terakhir ini bintang The Matrix).

Filmnya sendiri bercerita tentang Leonard (Pierce) yang menderita sindrom yang menyebabkannya kehilangan ingatan jangka pendek. Ini terjadi akibat pukulan di kepalanya saat mencoba menyelamatkan istrinya yang diperkosa (dan dibunuh) oleh penjahat. Leonard menjalani hidupnya dengan membuat catatan kejadian yang baru dialaminya, membuat foto polaroid benda/orang yang baru ditemuinya, dan membuat tattoo di sekujur tubuhnya mengenai hal-hal penting seputar kematian istrinya. Sepanjang film ini diceritakan usahanya menemukan pembunuh istrinya dengan alur terbalik. Kejadian di awal film adalah akhir film ini, dan kejadian-kejadian sebelumnya diceritakan satu persatu. Di antara fragmen-fragmen kejadian itu, ada gambaran hitam-putih yang bergerak maju, sehingga ada dua plot yang berjalan dan bertemu di tengah-tengah plot, di akhir film. Dalam cerita, Leonard bertemu Teddy (Pantoliano), seorang polisi, yang nyambi sebagai pedagang narkoba yang memanfaatkannya untuk menghabisi Jimmy G, seorang bandar, yang dikatakan sebagai pembunuh istrinya. Selanjutnya, Leonard bertemu Natalie (Moss), pacar Jimmy, yang memanfaatkannya untuk menghabisi Dodd, partner Jimmy.

Meski film ini diceritakan secara terbolak-balik, menariknya, klimaks tetap terjadi di akhir film. Apakah benar istri Leonard terbunuh? Berapa orang yang menyerang mereka? Apakah Leonard sudah membunuh orang yang benar? Siapa sebenarnya Teddy? Siapa sebenarnya John G? Dan akhirnya kita masih akan terus bertanya-tanya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s