Yang Harus Anda Ketahui tentang Ubuntu

  1. Ubuntu berasal dari bahasa Afrika kuno yang berarti “Kemanusiaan untuk Sesama”.
  2. Ubuntu berbasis Debian GNU/Linux, namun struktur repositori (server update)nya berbeda sehingga tidak bisa dipertukarkan.
  3. Ubuntu bersifat nonkomersial, gratis untuk semua penggunaan, pribadi maupun institusi.
  4. Ubuntu dirilis setiap 6 bulan sekali setiap bulan April dan Oktober. Penamaan versinya menggunakan format tahun.bulan, seperti: 4.10 (Oktober 2004), 5.04 (April 2005), dan 5.10 (Oktober 2005). Versi Ubuntu juga dinamai dengan nama binatang: Warty Warhog (4.10), Hoary Hedgehog (5.04), dan Breezy Badger (5.10). Versi yang akan datang adalah Dapper Drake (6.04).
  5. CD Ubuntu dibagikan secara gratis, terdiri atas 3 jenis platform (x86-32 bit, x86-64 bit, dan PowerPC), 2 CD tiap setnya (live dan install CD).edubuntu-desktop
  6. Desktop Ubuntu menggunakan GNOME, varian lain menggunakan KDE (Kubuntu) atau Xfce (Xubuntu). Varian Edubuntu memasukkan banyak aplikasi pendidikan.Varian Ubuntu-Server diperuntukkan instalasi server.
  7. Pengenalan hardware Ubuntu terbilang cukup baik dibandingkan rata-rata distro Linux.
  8. Instalasi standar Ubuntu sudah mencakup software untuk pengguna pribadi (OpenOffice, Mozilla Firefox, Evolution e-mail, GIMP, Totem Media Player, Rythmbox Music Player).
  9. Untuk proses instalasi software dan update, lebih afdol jika PC Ubuntu bisa terhubung ke internet sehingga proses update bisa berjalan otomatis. Anda bahkan bisa mengupdate ke versi distro terbaru.
  10. Instalasi standar Ubuntu tidak bisa memainkan mp3 dan DVD karena masalah paten di beberapa negara. Ini juga terjadi pada distro mainstream lainnya (RedHat, Fedora, SUSE, Mandriva). Namun ini bisa diatasi dengan membaca manual ini.
  11. Akun root di Ubuntu dinonaktifkan. Pengguna bisa melakukan tugas-tugas administratif menggunakan perintah sudo dan memasukkan passwordnya masing-masing (user).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s