Lima Kesalahan Mendasar Pengguna Linux Pemula

  1. Pemilihan Distro : pilihlah distro yang newbie-friendly seperti: SUSE, Linspire, Xandros, Fedora, Mandriva (Mandrake), dan Ubuntu (tambahan dari Penulis)
  2. Linux (dan aplikasinya) itu (harus) Gratis : Pada dasarnya, Linux itu gratis, namun distro (distribusi) Linux terdiri atas sistem operasi dan aplikasi, dan dikerjakan oleh seorang/badan/perusahaan yang membutuhkan dana operasional. Harga suatu distro Linux masih lebih murah dibandingkan satu set Windows dan aplikasinya, dan biasanya hanya mencakup harga support dan layanan. Aplikasi di Linux juga ada yang bersifat komersial.
  3. Sekitar Partisi : Kalau Anda cuma memakai Linux, Anda tidak usah bingung soal partisi, cukup dibagi 3: / (root/partisi utama), swap dan /home (folder pengguna, sama dengan My Documents di Windows). Kalau dual-boot dengan Windows, partisi menjadi dua (atau lebih), instal Windows dulu baru Linux. Jika sudah ada Windows, partisi ulang tanpa diformat, baru instal Linux.
  4. Izin Akses File (Permisssion) : di Windows, pengguna adalah admnistrator. Di Linux, Anda disarankan tidak menggunakan akun root (administrator) kecuali untuk konfigurasi ulang sistem.
  5. Terlalu Cepat Menyerah : Semudah-mudahnya sebuah distro Linux, Linux bukanlah Windows. Jika memerlukan bantuan, banyak situs, milis, dan forum yang bisa dicari di internet.

Selengkapnya baca di Linux.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s